PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KULINER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UMKM Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan)

RANI, PUSPITA SARI (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KULINER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UMKM Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masih banyak UMKM yang masih belum di kenal di masyarakat yang merupakan suatu faktor agar suatu UMKM dapat meningkatkan volume penjualan nya melalui brand awareness. Serta dalam pemasaran digital marketing dalam dunia bisnis masih banyak penjual yang tidak menggunakan sistem tersebut sehingga dalam pemasaranan nya kurang efektif maka dengan adanya digital marketing penjualan akan lebih efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah digital marketing dan brand awareness berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan pada UMKM kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan baik secara parsial maupun secara simultan dan bagaimana pandangannya dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan Digital Marketing dan Brand Awareness Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada UMKM Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan baik secara parsial dan simultan dan untuk mengetahui bagaimana pandangannya dalam Perspektif Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat hitung SPSS. Populasi penelitian ini adalah UMKM Kecamatan Sidomulyo Lampung selatan, dan sampel dalam penelitian ini adalah pemilik umkm kecamatan sidomulyo dengan jumlah 76 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Data primer diperoleh secara langsung dari responden melalui hasil observasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan sedangkan variabel brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan pada UMKM Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Dalam pandangan persepektif bisnis islam secara umum digital marketing dan brand awareness terhadap peningkatan volume penjualan UMKM kecamatan sidomulyo lampung selatan yakni sesuai dalam prinsip - prinsip bisnis islam yaitu, tauhid, keseimbangan atau kesejajaran, kebebasan dan tanggung jawab. Kata Kunci : Volume Penjualan, Manajemen Bisnis Islam, Digital Marketing, dan Brand Awareness. ABSTRACT There are still many UMKM that are still not well known in the community which is a factor so that an UMKM can increase their sales volume through brand awareness. as well as in digital marketing in the business world there are still many sellers who do not use the system so that the marketing is less effective, so with digital marketing sales will be more effective. The formulation of the problem in this study is whether digital marketing and brand awareness have an effect on increasing sales volume in UMKM in Sidomulyo sub-district, South Lampung, both partially and simultaneously and what is the view from an Islamic business perspective. This study aims to determine the effect that Digital Marketing and Brand Awareness have on Increasing Sales Volume in UMKM in Sidomulyo District, South Lampung, both partially and simultaneously and to find out how they are viewed in an Islamic Business Perspective This study used a quantitative research method using the SPSS calculator. The population of this study were UMKM in Sidomulyo District, South Lampung, and the sample in this study were owners of UMKM in Sidomulyo District with a total of 76 respondents. This study used observation data collection techniques and questionnaires. Primary data obtained directly from respondents through observation and questionnaires. Based on the results of the study, it showed that the digital marketing variable had a significant effect on increasing sales volume, while the brand awareness variable had no significant effect on increasing sales volume in UMKM, Sidomulyo District, South Lampung. In view of the perspective of Islamic business in general, digital marketing and brand awareness towards increasing the sales volume of UMKM in the Sidomulyo sub-district of South Lampung are in accordance with Islamic business principles, namely monotheism, balance or alignment, freedom and responsibility. Keywords: Sales Volume, Islamic Business Management, Digital Marketing, and Brand Awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:07
Last Modified: 26 Sep 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30382

Actions (login required)

View Item View Item