PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE BUKALAPAK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Bukalapak di Bandar Lampung)

WULANDARI, SAHRUL (2023) PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE BUKALAPAK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Bukalapak di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bukalapak merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan banyak memiliki konsumen serta penghargaan, akan tetapi karena persaingan yang ketat menyebabkan bukalapak terus mengalami penurunan terutama penurunan dalam jumlah dan tingkat pengunjung sejak tiga tahun terakhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah persepsi risiko, kepercayaan, dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada konsumen bukalapak di Bandar Lampung. Serta bagaimana pandangan dalam perspektif bisnis islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Bukalapak di Bandar Lampung, baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui bagimana pandangan dalam bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel berjumlah 84 responden. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan menyebar kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan kepada konsumen Bukalapak di Bandar Lampung. Teknik pengelolaan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM) dengan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi risiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen bukalapak di Bandar Lampung, sedangkan variabel keparcayaan dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kosumen bukalapak di Bandar Lampung. Secara simultan persepsi risiko, kepercayaan, dan online customer review mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen bukalapak di Bandar Lampung. Serta Penerapan persepsi risiko, kepercayaan dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada konsumen bukalapak di Bandar Lampung dalam perspektif bisnis islam sudah direalisasikan cukup baik. Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Online Customer Review, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Bukalapak is one of the largest marketplaces in Indonesia and has many consumers and awards, however due to the intense competition, Bukalapak continues to experience a decline, especially a decrease in the number and level of visitors since the last three years. The formulation of the problem in this study is whether perceptions of risk, trust, and online customer reviews influence purchasing decisions both partially and simultaneously for Bukalapak consumers in Bandar Lampung. As well as how the views in the perspective of Islamic business. The purpose of this study was to determine the effect of perceived risk, trust, and online customer reviews on purchasing decisions for Bukalapak consumers in Bandar Lampung, both partially and simultaneously and to find out how the views are in Islamic business. This research uses quantitative methods. The sampling technique used simple random sampling with a sample of 84 respondents. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires in the form of a Google form which were distributed to Bukalapak consumers in Bandar Lampung. The data analysis management technique used in this research is using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) with Smart PLS software. The results showed that the risk perception variable had a negative and insignificant effect on purchasing decisions for Bukalapak consumers in Bandar Lampung, while the trust and online customer review variables had a positive and significant effect on purchasing decisions for Bukalapak consumers in Bandar Lampung. Simultaneously, perceptions of risk, trust, and online customer reviews have a positive influence on purchasing decisions for Bukalapak consumers in Bandar Lampung. As well as the application of risk perception, trust and online customer reviews to purchasing decisions for Bukalapak consumers in Bandar Lampung from an Islamic business perspective has been realized quite well. Keywords: Perceived Risk, Trust, Online Customer Review, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:01
Last Modified: 25 Sep 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item