PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU SELULER XL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Kartu Seluler XL di Bandar Lampung)

Yeni, Safira (2023) PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU SELULER XL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Kartu Seluler XL di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK GSM merupakan standar dari sistem seluler generasi kedua yang diciptakan untuk memecahkan masalah-masalah atau kekurangan dari sistem seluler yang pertama di Eropa. GSM adalah sistem seluler pertama didunia yang menetapkan rancangan modulisasi digital dan tingkatkan jaringan (network) serta layanan (service). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah harga, kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pengguna kartu seluler XL di Bandar Lampung? Bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pengguna kartu seluler XL di Bandar Lampung di tinjau dari persepektif bisnis islam. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kepercayan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pengguna kartu seluler XL di Bandar Lampung , serta di tinjau dari persepektif bisnis islam Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pada seluruh pengguna kartu seluler XL di Bandar Lampung yang jumlahnya tidak di ketahui. Sampling dalam penelitian ini menggunakan rumus Lameshow dan mendapatkan jumlah 96 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini secara parsial yaitu harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna (Y), kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna (Y), kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna (Y). Secara simultan ada pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pengguna kartu seluler XL di Bandar Lampung. Dalam pandangan bisnis islam harga, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pengguna sudah sesuai dengan prinsip bisnis – prinsip islam yang ada. Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepecayaan, Loyalitas Pengguna. ABSTRACT GSM is a standard of the second generation cellular system which was created to solve the problems or deficiencies of the first cellular systems in Europe. GSM is the world's first cellular system to define a digital modulation design and enhance network and service. The formulation of the problem in this study is whether price, service quality and trust have a partial and simultaneous effect on the loyalty of XL cellular card users in Bandar Lampung? How the influence of price, service quality and trust on the loyalty of XL cellular card users in Bandar Lampung is reviewed from an Islamic business perspective. The purpose of this research is to determine the effect of price, service quality and trust partially and simultaneously on the loyalty of XL cellular card users in Bandar Lampung, and to review it from an Islamic business perspective. This study uses a quantitative descriptive research method. The population in this study is all XL cellular card users in Bandar Lampung whose number is unknown. Sampling in this study used the Lameshow formula and obtained a total of 96 respondents. Sampling using observation techniques, questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression analysis processed using SPSS 25. The results of this study partially, namely price (X1) has a positive and significant effect on user loyalty (Y), service quality (X2) has a positive and significant effect on user loyalty (Y), trust (X3) has a positive and significant effect on user loyalty (Y ). Simultaneously there is an effect of price, service quality and trust on the loyalty of XL cellular card users in Bandar Lampung. In the view of Islamic business, price, service quality and trust in user loyalty are in accordance with existing Islamic business principles. Keywords:Price, Service Quality, Trust, User Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:53
Last Modified: 18 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item