PENGARUH GREEN ADVERTISING DAN GREEN PACKAGINGTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SPRITE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Produk Sprite Kota Bandar Lampung)

Zeki, Sopri (2023) PENGARUH GREEN ADVERTISING DAN GREEN PACKAGINGTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SPRITE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Produk Sprite Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ZEKI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesadaran masyarakat di berbagai belahan dunia tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup semakin meningkat. Terjadinya pemanasan global yang membuat masyarakat semakin hati-hati menggunakan berbagai produk yang dikhawatirkan dapat menambah level pemanasan globall pada level yang membahayakan umat manusia. Pihak perusahan sebagai produsen melakukan perubahan dengan mengikuti kebutuhan pasar dengan salah satunya melakukan kampenye iklan dengan konsep hijau (green advertising) yang membuat masyarakat menyadari akan pentingnya peduli akan lingkungan. Selain green advertising produsen melakukan pembenahan kemasan dengan menerapkan green packaging yang mendukung gerakan peduli lingkungan dan ekonomi berkelanjutan sehingga kepedulian masyarakat dan tingkat penjualan semakin meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah green advertising dan green packaging berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah green advertising dan green packaging berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kombinasi antara metode sampling accidental dan purposive sampling dengan jumlah sampel orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sedangkan teknik analisis data yang menggunakan SmartPLS . Variabel independent dalam penelitian ini adalah green advertising (X ) dan green packaging (X ) sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Berdasarkan output SmartPLS bahwa nilai signifikansi dari variabel green advertising terhadap keputusan pembelian nilai original sample (O) . Dari hasil ini didapatkan green advertising secara positif berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai T-statistic > dan P-Values < , hal tersebut membuktikan bahwa green advertising secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, H yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara green advertising (X ) terhadap keputusan pembelian (Y) pada masyarakat kota, Bandar Lampung didukung. Green packaging berpengaruh positif terhadap perumusan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sampel awal (O) , . Dari hasil tersebut diketahui bahwa green packaging berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai T statistik > dan nilai P < yang membuktikan bahwa green packaging berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, H menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara green packaging (X ) terhadap keputusan pembelian (Y) pada masyarakat perkotaan Bandar Lampung didukung. Green advertising dan green packaging pada produk Sprite adalah salah satu upaya atau ikhtiar masyarakat Bandar Lampung dalam beribadah kepada Allah dengan konsumsi minuman yang baik (tayyib) dan tidak berlebihan dalam menggunakan/konsumsi sumber daya yang akan menyebabkan penyakit dan kerusakan lingkungan di kemudian hari. Islam menawarkan kebebasan perihal kemasan produk. Kemasan hijau (green packaging) oleh produk Sprite di kota Bandar Lampung telah sesuai dengan ketentuan bisnis Islam. Dalam penawarannya, produk Sprite sendiri bukanlah barang yang diharamkan oleh Islam.. Keputusan pembelian produk Sprite merupakan salah upaya pemenuhan pemenuhan kebutuhan tahsiniyat/tersier.. Keputusan pembelian produk Sprite memiliki manfaat untuk menghindari keputusan pembelian minuman yang memiliki kemasan yang tidak ramah lingkungan dan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang akan berdampak pada lingkungan. Kata Kunci: Green Advertising, Green Packaging, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Public awareness in various parts of the world about the importance of preserving the environment is increasing. The occurrence of global warming has made people more careful about using various products which are feared to increase the level of global warming to a level that endangers humanity. The company as a producer is making changes by following market needs, one of which is conducting green advertising campaigns that make people aware of the importance of caring for the environment. In addition to green advertising, producers are making improvements to packaging by implementing green packaging which supports the environmental care movement and a sustainable economy so that public awareness and sales levels are increasing. The formulation of the problem in this study is whether green advertising and green packaging affect purchasing decisions and what is the Islamic view on this matter. This study aims to determine whether green advertising and green packaging influence purchasing decisions and what is the Islamic view on this matter. This study uses a quantitative approach. The population in this research is the people of Bandar Lampung city. Sampling was carried out using a combination technique between accidental sampling and purposive sampling with a total sample of people. The data collection technique used was a questionnaire while the data analysis technique used SmartPLS . The independent variables in this study were green advertising (X ) and green packaging (X ) while the dependent variable in this study was purchasing decisions (Y). Based on the output of SmartPLS , the significance value of the green advertising variable on purchasing decisions is the original sample value (O) . From these results it was found that green advertising has a positive and significant effect on purchasing decisions. The T-statistic value is > and the P-Values is < , this proves that green advertising has a significant effect on purchasing decisions. Therefore, H which states that there is a positive and significant influence between green advertising (X ) on purchasing decisions (Y) in urban communities, Bandar Lampung is supported. Green packaging has a positive effect on the formulation of purchasing decisions. This is indicated by the initial sample value (O) . From these results it is known that green packaging has a positive effect on purchasing decisions. Statistical T value of > and P value of < which proves that green packaging has a significant effect on purchasing decisions. Therefore, H states that there is a positive and significant influence between green packaging (X ) on purchasing decisions (Y) in the urban community of Bandar Lampung is supported. Green advertising and green packaging for Sprite products is one of the efforts or endeavors of the people of Bandar Lampung in worshiping Allah by consuming good drinks (tayyib) and not excessive use/consumption of resources which will cause disease and environmental damage in the future. Islam offers freedom regarding product packaging. Green packaging by Sprite products in the city of Bandar Lampung complies with Islamic business provisions. In its offer, Sprite products themselves are not items that are prohibited by Islam. The decision to purchase Sprite products is one of the efforts to fulfill tahsiniyat/tertiary needs. The decision to purchase Sprite products has the benefit of avoiding purchasing decisions for beverages that have packaging that is not environmentally friendly and if consumed continuously in the long term will have an impact on the environment . Keywords: Green Advertising, Green Packaging, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:10
Last Modified: 16 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29783

Actions (login required)

View Item View Item