PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengunjung Lembah Hijau Lampung)

Rosita, Apriyani (2023) PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengunjung Lembah Hijau Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ROSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kunjungan wisata Lembah Hijau Lampung sejak tahun 2013 hingga tahun 2022 mengalami fluktuatif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh antara atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara atribut produk wisata terhadap electronic word of mouth (E-WOM). (3) Untuk mengetahui pengaruh antara electronic word of mouth (E�WOM) terhadap keputusan berkunjung. (4) Untuk mengetahui electronic word of mouth (E-WOM) memediasi pengaruh antara atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengunjung Lembah Hijau Lampung. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengunjung Lembah Hijau Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data yang digunakan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel atribut produk wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, atribut produk wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth (E-WOM), electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, electronic word of mouth (E-WOM) memediasi pengaruh antara atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung dalam perspektif etika bisnis Islam pengunjung Lembah Hijau Lampung. Kata Kunci: Atribut, produk, wisata. ABSTRACT Lampung Green Valley tourism visits from 2013 to 2022 have fluctuated. The objectives of this study are: (1) To determine the effect between tourist product attributes on visiting decisions. (2) To determine the effect between tourist product attributes on electronic word of mouth (E-WOM). (3) To determine the effect between electronic word of mouth (E-WOM) on visiting decisions. (4) To determine the electronic word of mouth (E-WOM) mediates the influence between tourism product attributes on visiting decisions in the perspective of Islamic business ethics. This research uses a quantitative approach. The data used is primary data by distributing questionnaires to visitors to Lampung Green Valley. The population in this study were all visitors to Lampung Green Valley. The sample used was 100 people using the slovin formula. The data analysis used was processed using SmartPLS 3. The results of this study indicate that the tourist product attribute variable has a positive and significant effect on visiting decisions, tourist product attributes have a positive and significant effect on electronic word of mouth (E-WOM), electronic word of mouth (E-WOM) has a positive and significant effect on visiting decisions, electronic word of mouth (E-WOM) mediates the influence between tourist product attributes on visiting decisions in the perspective of Islamic business ethics of visitors to the Green Valley of Lampung.. Keywords: Attributes, Products, Travel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:59
Last Modified: 16 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29780

Actions (login required)

View Item View Item