PERAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS MAKANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yussy Akmal Bandar Lampung)

Lisa, Ayu Fitriani (2023) PERAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS MAKANAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yussy Akmal Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 LISA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK LISA AYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya masalah ekonomi keluarga dan persaingan memaksa pemilik bisnis untuk terus melakukan strategi yang baik bagi usaha yang dikelolanya. Setiap pengusaha harus mempunyai strategi agar selalu unggul dalam persaingan, yaitu dengan melakukan kreativitas dan inovasi yang akan meningkatkan nilai tambah suatu produk. Menambah beranekaragam produk dengan membuat tambahan jenis produk baru dari produk sudah ada dengan bahan dasar yang sejenis. sehingga konsumen tidak akan bergatung pada satu jenis produknya saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain bagaimana peran kreativitas dan inovasi dalam diversifikasi produk, bagaimana peran kreativitas produk terhadap pengembangan bisnis makanan pada Toko Kue & Roti Yussy Akmal, dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya kreativitas dan inovasi dalam diversifikasi produk. Dalam menjalankan usahanya pemilik melakukan strategi diversifikasi produk yaitu beranekaragam produk yang ditawarkan untuk menarik konsumen. Diversifikasi produk yang dilakukan pemilik harus memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi untuk mewujudkan ide-ide kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah pemilik Toko Kue & Roti Yussy Akmal. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peran kreativitas dan inovasi sangat berpengaruh positif dan signifikan dalam strategi diversifikasi produk. Dengan adanya kreativitas dan inovasi yang dilakukan akan menghasilkan ide dan produk yang kreatif dan inovatif. Diversifikasi yang dilakukan oleh Toko Kue & Roti Yussy Akmal membuat keuntungan yang terus meningkat. Karena banyaknya pilihan menu produk membuat konsumen tidak bergantung pada satu jenis produknya. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan inovasi dalam diversfikasi produk karena adanya dorongan dari individu, ekonomi keluarga, serta dari lingkungan. Kata Kunci: Kreativitas, Inovasi, Diversifikasi Produk, Pengembangan Bisnis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:53
Last Modified: 14 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item