PENGARUH LIFESTYLE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA MICROBLADING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Generasi Y di Klinik Kecantikan Nys Beauty Studio Bandar Lampung)

WULAN, SANTIKA (2023) PENGARUH LIFESTYLE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA MICROBLADING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Generasi Y di Klinik Kecantikan Nys Beauty Studio Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT  BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WULAN SANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan semakin berkembangnya zaman, ikut memberikan perkembangan pada gaya hidup seseorang. Gaya hidup dapat merubah sikap seseorang dalam menyikapi tren yang ada. Lifestyle wanita untuk tampil cantik dilakukan dengan beberapa manipulasi wajah, salah satunya adalah microblading. Lifestyle merupakan hasil dari sebuah nilai religiusitas yang dimiliki seseorang. Setiap orang yang memiliki nilai religiusitas yang tinggi akan berpotensi memiliki gaya hidup yang baik pula, dan gaya hidup tersebut telah mempengaruhi keputusan pembelian penggunaan jasa microblading. Menurut perspektif bisnis islam jasa layanan microblading adalah suatu praktik upah mengupah yang dianggap tidak sesuai dengan konsep dalam Islam karenanya di dalam terdapat praktik yang dianggap tidak dibenarkan oleh hukum Islam.. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lifestyle dan religiusitas ataupun keduanya secara simultan terhadap keputusan penggunaan jasa microblading dan ditinjau berdasarkan perspektif bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen microblading klinik kecantikan nys beauty studio dengan jumlah 80 responden. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, lifestyle secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa microblading artinya semakin tinggi lifestyle responden maka semakin tinggi keputusan menggunakan jasa microblading. Religiusitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa microblading artinya semakin tinggi religiusitas maka semakin rendah keputusan menggunakan jasa microblading. Lifestyle dan religiusitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan penggunaan jasa microblading. Perspektif bisnis islam terhadap microblading menurut prinsip ketuhanan adalah haram karena salah satunya adalah mafsadat yang datang lebih banyak dari maslahatnya serta tujuan penggunaan jasa yang digunakan hanya untuk berhias. Kata kunci : Lifestyle, Religiusitas, Keputusan Penggunaan jasa. ABSTRACT With the development of the times, it contributes to the development of one's lifestyle. Lifestyle can change a person's attitude in responding to existing trends. Lifestyle for women to look beautiful is done by several facial manipulations, one of which is microblading. Lifestyle is the result of a person's religious value. Everyone who has a high religious value will potentially have a good lifestyle too, and this lifestyle has influenced the purchasing decision to use microblading services. According to an Islamic business perspective, microblading services are a wage practice that is considered not in accordance with the concept in Islam, therefore there are practices that are considered not justified by Islamic law. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of lifestyle and religiosity or both simultaneously on the decision to use microblading services and is reviewed based on an Islamic business perspective. This research is a quantitative study with multiple linear regression analysis using SPSS. The sample in this study were consumers of the nys beauty studio microblading beauty clinic with a total of 80 respondents. Research using observation data collection techniques and questionnaires. Based on the results of the study, lifestyle partially has a significant effect on the decision to use microblading services, meaning that the higher the respondent's lifestyle, the higher the decision to use microblading services. Religiosity partially has a significant effect on the decision to use microblading services, meaning that the higher the religiosity, the lower the decision to use microblading services. Lifestyle and religiosity have a significant effect simultaneously on the decision to use microblading services. The Islamic business perspective on microblading according to divine principles is haram because one of them is mafsada which comes more from the benefits and the purpose of using services that are used only for decoration. Keywords : Lifestyle, Religiusitas, Decision on the use of service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:08
Last Modified: 10 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29567

Actions (login required)

View Item View Item