ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS 7 DI MTS N 1 BANDAR LAMPUNG

VIVI, AYU KURNIASIH (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS 7 DI MTS N 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang analisis model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dengen pendekatan saintifik pada pokok bahasan Suhu dan Kalor kelas 7 yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dengan pendekatakan saintifik terhadap miskonsepsi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 310 peserta didik kelas 7 MTs N 1 Bandar Lampung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu 7A sebagai kelas eksperiment dan 7F sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Intrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda bertingkat (four tier) dilengkapi CRI (Certainty of Responses Index) yang berjumlah 7 butir soal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dengan pendekatan saintifik terhadap miskonsepsi peserta didik. Data hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran POGIL dengan pendekatan saintitik menunjukkan perkembangan yang cukup baik, dengan rata�rata sebesar 90% terlaksana sebagaimana mestinya. Dan diperoleh data rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 40,09 dan posttest sebesar 73,73, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata�rata pretest sebesar 43,32 dan posttest sebesar 66,36. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,049 yang berarti signifikasi < 0,05 sehingga H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor kelas 7 berpengaruh terhadap miskonsepsi peserta didik. iii Kata Kunci: Miskonsepsi, Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). iv ABSTRACT Research on the analysis of the POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) learning model with a scientific approach to the subject of Grade 7 Heat and Temperature aims to determine the effect of the POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) learning model with a scientific approach to students' misconceptions. The research method used is the quasi-experimental method with a nonequivalent control group research design. The population in this study was 310 grade 7 students at MTs N 1 Bandar Lampung. The research sample consisted of two classes, namely 7A as the experimental class and 7F as the control class, which were selected by random sampling technique. The data collection instrument was a four-tier multiple choice test equipped with a CRI (Certainty of Responses Index) totaling 7 questions. Based on the research that has been done, it is known that there is a significant influence of the POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) learning model with a scientific approach to students' misconceptions. Observational data on the implementation of the POGIL learning model using a scientific approach show quite good progress, with an average of 90% implemented as it should. And obtained an average pretest data for the experimental class of 40.09 and a posttest of 73.73, while the control class obtained an average pretest value of 43.32 and a posttest of 66.36. With the analysis data obtained, it shows a significance value of 0.049, which means significance <0.05 so that H1 is accepted. This proves that the POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) learning model with a scientific approach to Grade 7 Heat and Temperature has an effect on students' misconceptions. Keywords: Misconceptions, Scientific Approach, POGIL Learning Model (Process Oriented Guided Inquiry Learning)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:50
Last Modified: 07 Aug 2023 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29370

Actions (login required)

View Item View Item