PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Wanita Anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia di Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat)

LINDAWATI, LINDAWATI (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Wanita Anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia di Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LINDAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan infrastruktur dan jangkauan internet telekomunikasi di kabupaten Lampung Barat yang menyebar di kecamatan-kecamatan terutama kecamatan Suoh. Kemudian menyebabkan masyarakat yang menggunakan media sosial memanfaatkan teknologi yang serba digital saat ini, salah satunya untuk pemasaran produk secara online. saat ini digital marketing sudah menjadi bagian dari masyarakat. Penggunaan digital marketing memberikan dampak positif bagi masyarakat salah satunya meningkatkan volume penjualan. Namun dampak era digital tidak hanya bersifat positif namun juga negatif salah satunya yaitu adanya penyimpangan yang terjadi karena tidak memenuhi syarat sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah digital marketing berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dan Bagaimana penerapan digital marketing anggota IWAPI di kecamatan Suoh dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi islam Penelitian ini bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini dilakukan pada anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia di Kecamatan Suoh kabupaten Lampung Barat. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang bersifat tidak acak dan berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis data menggunakan Parial Least Square (PLS) dan pengolahan data dilakukan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis didukung, yaitu digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Artinya semakin efektif dan efisien seseorang melakukan kegiatan pemasaran menggunakan digital marketing, maka semakin tinggi kemungkinan organisasi mencapai tujuan yaitu, terjadinya peningkatan volume penjualan. Selain itu ditinjau dari perspektif ekonomi islam bahwasanya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh anggota IWAPI di kecamatan Suoh kabupaten Lampung Barat telah menerapkan prinsip-prinsip pemasaran syariah diantaranya ketuhanan, etis, realistis dan humanistis Kata kunci : digital marketing, volume penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 03:23
Last Modified: 11 May 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28044

Actions (login required)

View Item View Item