PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

Arif, Hadi Prayogo (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIF HADI PRAYOGO REVISI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan e�book berbasis STEM, dan (2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap e-book berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas kelayakan e-book berbasis STEM ini berdasarkan ahli materi sebesar 88,33% dalam kategori “Sangat Layak” berdasarkan ahli media sebesar 88,89% dalam kategori “Sangat Layak”. (2) Hasil uji coba kelompok kecil e�book diperoleh persentase dengan nilai 84,91% dalam kategori “Sangat Menarik” dan uji coba lapangan diperoleh persentase dengan nilai 84,09% dalam kategori “Sangat Menarik”sedangkan hasil respon pendidik terhadap penggunaan e-book berbasis STEM memperoleh presentase sebesar 94,56% dalam kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa e-book berbasis STEM yang telah dikembangkan sangat layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: E-Book, STEM, Literasi Digital iv ABSTRACT This research purpose to: (1) Know the worthiness of STEM�based e-book, and (2) Know the teacher and students attitude on the use of STEM-based e-book. This research uses research and development (R&D) research methods. Research and development (R&D) method based on ADDIE model was used consisting of 5 stages (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). The research resulted : (1) The quality of whortiness of e�book based on material experts was 88,33% in “Very Eligible” category, and based on media was 88,89% in “Very Eligible” category. (2) The small group trial of STEM-based e-book obtained a value of 84,91% in “Very Interesting” category and the field trial obtained a value of 84,09% in “Very Interesting” category, while the teacher’s attitude on the use STEM-based e-book get a value of 94,56% in “Very Eligibe” category. This indicated that the development of STEM-based e-book was very feasible and interesting to be implemented as a learning media. Keyword : E-book, STEM, Digital Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2023 06:41
Last Modified: 02 May 2023 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27939

Actions (login required)

View Item View Item