Kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Mts N2 Lampung Timur

Prasetiyo mawardi, Nur (2017) Kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Mts N2 Lampung Timur. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_Sampul.pdf] PDF
Download (368kB)
[thumbnail of BAB_I_Jadi.pdf] PDF
Download (153kB)
[thumbnail of BAB_II_Jadi.pdf] PDF
Download (336kB)
[thumbnail of BAB_III_Jadi.pdf] PDF
Download (89kB)
[thumbnail of BAB_IV_Jadi.pdf] PDF
Download (68kB)
[thumbnail of BAB_V_Jadi.pdf] PDF
Download (45kB)

Abstract

Seorang guru memiliki peran yang sangat kompleks di dalam proses belajar mengajar, guru adalah salah satu komponen pendidikan yang ikut berperan aktif dan strategis dalam memperlancar proses belajar mengajar di sekolah. Mengingat posisinya yang begitu penting dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki berbagai kompetensi sesuai dengan tugas dan tangggung jawabanya, salah satunya adalah kompetensi professional. Dengan kompetensi professional yang dimilikinya diharapkan dapat memberikan sumbangan positif terhadap peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran.Guru Pendidikan Agama Islam pada MTsN 2 Lampung Timur memiliki kompetensi professional sebagai seorang guru, yaitu kecakapan, kemampuan,pengetahuan dan keterampilan. Ia juga seorang pendidik, pengajar, pembimbing peserta didik dalam proses belajar mengajar, namun kompetensi professional yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam MTsN 2 Lampung Timur tersebut belum berdampak positif dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTsN 2 Lampung Timur .Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran,definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yang digunakan adalah interview, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir deduktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa umum kemudian dari fakta-fakta yang umum tersebut ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat khusus.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTsN 2 Lampung Timur sudah sesuai dengan apa yang tertuang di dalam perencanaan (kisi-kisi), baik yang menyangkut tentang materi evaluasi,teknik dan bentuk evaluasi, penggunaan sarana maupun teknik penentuan nilai yang akan diberikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 17 Nov 2017 04:07
Last Modified: 17 Nov 2017 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item