PENGARUH LITERASI DIGITAL, RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM GENERASI Z DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi penelitian pada Followers akun Instagram @ngertisaham)

IWAN, EKO ARIYADI (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL, RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM GENERASI Z DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi penelitian pada Followers akun Instagram @ngertisaham). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of IWAN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada hasil pra-riset dengan melalui penyebaran kuesioner ke pada investor yang mengikuti akun Instagram @ngertisaham, Para investor beranggapan bahwa selain masih kurang kritis dalam menerima informasi di internet, para investor juga beranggapan bahwa masih banyak yang belum mengetahui hukum berinvestasi menurut agama mereka, dimana seharusnya orang yang beragama dapat mematuhi ajaran agama yang dianut, terdapat juga literasi keuangan yang masih tergolong rendah dimana literasi keuangan ini cukup penting dalam mengelola keuangan sebelum berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Digital, Religiusitas, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi saham Generasi Z (studi pada generasi followers akun Instagram @ngertisaham). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online melalui google formulir. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu investor generasi Z yang mengikuti akun Instagram @ngertisaham dan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan sampel yang berjumlah 100 responden. Selanjutnya untuk menganalisis peneliti menggunakan skala likert dan metode analisis datanya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel literasi digital, religiusitas, dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Uji R2 menunjukkan bahwa besarnya nilai R2 keputusan investasi adalah 0.501 yang berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa literasi digital, religiusitas, dan literasi keuangan berkontribusi sebesar 50,1% dan sisanya sebesar 49,9% pada variabel lainnya. Kata kunci : Literasi Keuangan, Religiusitas, Literasi Digital, Keputusan Investasi ABSTRACT This research is based on pre-research results by distributing questionnaires to investors who follow the Instagram account @ngertisaham, Investors think that apart from being uncritical in receiving information on the internet, investors also think that there are still many who do not know the law on investing according to their religion, where religious people should be able to comply with the teachings of their religion, there is also financial literacy which is still relatively low where financial literacy is quite important in managing finances before investing. This study aims to determine the effect of Digital Literacy, Religiosity, and Financial Literacy on Generation Z stock investment decisions (study on Instagram followers @ngertisaham). The research method used is a quantitative method with data collection techniques through the distribution of online questionnaires through google forms. The population in this study is generation Z investors who follow the Instagram account @ngertisaham and the sample determination uses non-probability sampling, namely purposive sampling with a sample of 100 respondents. Furthermore, to analyze the researchers using a Likert scale and the data analysis method using SmartPLS. The results of the research conducted show that digital literacy, religiosity, and financial literacy have a positive and significant effect on investment decisions. The R2 test shows that the R2 value for investment decisions is 0.501, which means that this value indicates that digital literacy, religiosity, and financial literacy contribute 50.1% and the remaining 49.9% in other variables. Keywords: Financial Literacy, Religiosity, Digital Literacy, Investment Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:52
Last Modified: 10 Jan 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item View Item