PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 26 BANDAR LAMPUNG PADA MATA PELAJARAN IPA

‘Ainiah, Hikmatul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 26 BANDAR LAMPUNG PADA MATA PELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan prapenelitian di SMP N 26 Bandar Lampung model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung, dalam pembelajaran peserta didik diperlukan self efficacy agar dapat menilai kemampuanya untuk melakukan suatu tindakan yang diharapkan. Kurangnya self efficacy peserta didik dalam proses pembelajaran ketika diberikan beberapa tugas ada yang merespon baik dan ada yang tidak sehingga menyebabkan keyakinan peserta didik yang rendah atas kemampuan yang dimilikinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran generatif. Adapun permasalah yamg melandasi penelitian ini adalah 1. Seberapa besar pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA? 2. Apakah terdapa pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA, Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy experiment desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Ranndom Sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa uji prasyarat normalitas, homogenitas, untuk melihat peningkatan self efficacy menggunakan uji N-gain dan untuk hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji prasyarat data lebih dari signifikan 0,05 untuk kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dengan uji-t yaitu thitung = 8,951>ttabel 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self efficacy peserta didik dianalisis menggunakan N-gain sebesar kelas eksperimen 0,498 dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0,314 dalam kategori rendah, model pembelajaran generatif berpengaruh signifikan dengan nilai thitung = 8,951 > ttabel = 0,00 terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:20
Last Modified: 28 Nov 2018 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item