ANALISIS PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE FULL COSTING TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL PADA PRODUKSI TAHU DESA MARGOYOSO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

REKI, TIRA AJI (2022) ANALISIS PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE FULL COSTING TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL PADA PRODUKSI TAHU DESA MARGOYOSO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL REKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penentuan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual pada produksi tahu Desa Margoyoso, yang mana selama ini UMKM produksi tahu Desa Margoyoso masih menggunakan cara sederhana dan belum memiliki pencatatan serta metode yang tepat dalam menghitung biaya produksi dan menentukan harga jualnya. Untuk menghindari kesalahan dalam menentukan harga jual maka harus menghitung harga pokok produksi dengan menggunakan metode yang tepat, metode yang sebaiknya digunakan adalah menggunakan metode biaya penuh (full costing) agar mendapatkan harga pokok produksi yang akurat karena memasukkan semua biaya yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan atau yang disebut dengan Field Research. Selanjutnya pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini berfokus pada penentuan harga pokok produksi dengan penggunaan metode Full Costing untuk mengidentifikasi biaya-biaya produksi dalam penentuan harga pokok produksi melalui perhitungan yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode full costing menghasilkan biaya yang lebih tinggi daripada perhitungan menurut perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan belum memasukan semua komponen biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi tersebut, seperti biaya overhead variable dan biaya non produksi. Sehingga juga mengalami kenaikan dalam menetapkan harga jualnya. Kata kunci : Harga Pokok Produksi, full Costing, Harga Jual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:21
Last Modified: 06 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item