RIZKI, ANDRIAN (2022) ANALISIS BIBLIOMETRIK : TREN TOPIK PENELITIAN PRODI PENDIDIKAN FISIKA DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren topik apa saja yang paling banyak diteliti oleh mahasiwa prodi pendidikan fisika di Bandar Lampung selama empat tahun terakhir (2018-2021) dan pelung penelitian dimasa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis bibliometrik dengan hukum zipf. Sampel yang digunakan adalah jenis sampel jenuh yang artinya semua anggota populasi dijadikan sampel, sampel pada penelitian ini yaitu 432 skripsi mahasiwa prodi pendidikan fisika di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 7 topik inti dari 432 skripsi yang telah diterbitkan dari dua universitas di Bandar Lampung yang terdapat prodi pendidikan fisika periode 2018-2021. Dari 7 topik inti skripsi prodi pendidikan fisika di Bandar Lampung ada tiga topik yang paling sering diteliti, diantaranya adalah “model pembelajaran” dengan presentase 50,7%, kedua “mediapembelajaran” dengan presentase 13,9% dan yang terakhir adalah “hasil belajar” dengan presentase 12,7%. Banyaknya model pembelajaran yang diteliti menjadikan sebuah kajian untuk mengetahui implementasi suatu model pembelajaran yang tepat untuk digunakan di era sekarang dan menjadikan peluang topik penelitian yang akan datang. Hybrid Learning sendiri dinilai sebagai cara pembelajaran sangat tepat dengan menggabungkan strategi pembelajaran antara asynchronous dan synchronous. Kata Kunci: Analisis bibliometrik, hukum zipf, tren topik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 07:24 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 07:24 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |