Dede, Saepuloh (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajran e-modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika kelas XI yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul, mengetahui kelayakan e-modul dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan . Jenis penelitian adalah Research and Devlopment (R&D) penelitian ini mengacu kepada prosedur model ADDIE. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa pengembangan e�modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika penilaian dari ahli materi dan ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase validasi ahli materi 87%, dan ahli media sebesar 87,6%. Adapun angket yang diberikan respon pendidik dan peserta terhadap e�modul yang dikembangkan persentase respon pendidi sebesar 94%, uji coba kelompok kecil memperoleh sebesar 93% dan uji coba lapangan memperoleh nilai sebesar 90,4%. Hal ini menunjukan e�modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika kelas XI yang telah dikembangkan sangat layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Berbasis Android, E-modul, Laboratorium Virtual iii ABSTRACT This study aims to develop an android-based virtual laboratory e-module learning media in class XI thermodynamics material which aims to determine the process of developing e�modules, determine the feasibility of e-modules and determine the response of educators and students to the e-modules. developed . The type of research is Research and Development (R&D). This research refers to the ADDIE model procedure. The results of the research conducted that the development of an android-based virtual laboratory e-module on thermodynamic materials assessed by material experts and media experts obtained a very feasible category with a validation percentage of material experts 87% and media experts 87.6%. As for the questionnaire that was given the response of educators and participants to the developed e-module, the percentage of educator response was 94%, the small group trial was 93% and the field trial scored 90.4%. This shows that the android-based virtual laboratory e�module on class XI thermodynamics material that has been developed is very feasible and interesting to use as a learning medium. Keywords: Android Based, E-module, Virtual Laboratory.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:34 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21313 |
Actions (login required)
View Item |