SHERINNOVA, Slamet (2022) PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI INDONESIA : STUDI META-ANALISIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang bersifat konteks yang berarti memahami makna dari sebuah kata dan memperhatikan makna yang terkandung dalam sebuah kalimat dari sebuah paragraf. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kontribusi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan teknik meta-analisis. Penelitian telah dilakukan dengan mengumpulkan artikel dari SINTA (Science and Technology Index), Scopus dan DOAJ ( Directory of Open Access Journals ). Sebanyak 66 artikel telah diperoleh yang kemudian dipilih 14 artikel dan dianalisis melalui 5 tahap, (1) Orientasi, (2) Konseptualisasi, (3) Investigasi, (4) Pembahasan, dan (5) Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains sebesar 0.85 dengan kategori effect size tinggi. Selain itu pendekatan Contextual Teaching and learning mampu meningkatkan pemahaman konsep sebesar 1.53, berpikir kreatif 0.79, hasil belajar 0.65 dan minat belajar 0.80. Berdasarkan wilayah di Indonesia Pulau Jawa memiliki Effect Size paling tinggi yaitu sebesar 0.97. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berkontribusi tinggi dalam pembelajaran sains.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:03 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:03 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20991 |
Actions (login required)
View Item |