EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

RIKI, KAROMATUSH SOLEHAH (2022) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKI KAROMATUSH SOLEHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM (SCIENCE,TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA Oleh Riki Karomatush Solehah Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas Model Flipped Classrooom berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen (Quasy Experimental Reserch). Peneletian ini dilaksanakan di SMA YADIKA Natar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA, dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada peneitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dilakukan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t (t-test) dan dipesroleh hasil bahwa thitung > ttabel sebesar 5,350 > 2,036, dengan taraf signifikan 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dilakukan uji effect size dan diperoleh hasil sebesar 0,578 dengan kriteria sedang. Beradasarkan hasil peneitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Flipped Classroom berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: Model Flipped Clasroom, STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:02
Last Modified: 18 Aug 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20568

Actions (login required)

View Item View Item