MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : STUDI META-ANALISIS

DHEA, YUSMA BONAFIDE (2021) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : STUDI META-ANALISIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1-5.pdf] PDF
Download (666kB)
[thumbnail of Skripsi full dhea yusma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran Problem Based Learning semakin populer dalam pembelajaran fisika sejak itu mendorong siswa untuk berpikir secara terbuka, aktif, dan reflektif. Sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui meta-analisis, penelitian ini membahas bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain eksperimental dengan teknik meta-analisis. Penelitian telah dilakukan oleh mengumpulkan artikel dari Google Scholar, Scopus, dan ERIC (Education Resources Information and Center). Sebanyak 63 artikel telah diperoleh yang kemudian dipilih 16 artikel dan dianalisis melalui 5 tahap, yaitu (1) Orientasi, (2) Konseptualisasi, (3) Investigasi, (4) Pembahasan, dan (5) Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan model pembelajaran Problem Based Learning berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0.657 dengan kategori effect size sedang. Dan berdasarkan jenjang pendidikan besar effect size pada SD (0.71), SMP (0.59) dan SMA sebesar (0.732). Berdasarkan wilayah model pembelajaran Problem Based Leaning pada pulau Jawa sebesar 0.554, pulau Sumatera sebesar 0.89 dan pulau Nusa Tenggara sebesar 0.72 serta pulau Sulawesi sebesar 0.72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:31
Last Modified: 08 Jul 2021 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item