IMPLEMENTASI PROGRAM PENGAWASAN MADRASAH ALIYAH (MA) DI KABUPATEN PESAWARAN

MARMIN, mar (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGAWASAN MADRASAH ALIYAH (MA) DI KABUPATEN PESAWARAN. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 7 BAB V Kesimpulan Revisi (1).docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[thumbnail of 6 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN turnit fix.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[thumbnail of 5 BAB III revisi turnit3.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.docx] HTML
Download (43kB)
[thumbnail of 2 HALAMAN COVER sd DAFTAR ISI fix.docx] HTML
Download (3MB)
[thumbnail of 3 BAB 1 PENDAHULUAN turnit fix.docx] HTML
Download (176kB)
[thumbnail of 4 BAB II LANDASAN TEORI fix.docx] HTML
Download (136kB)

Abstract

Pengawasan pendidikan atau biasa disebut supervisi pendidikan pada dasarnya memiliki konsep dasar yang bersumber dari manajemen pendidikan. Salah satu keberhasilan pendidikan madrasah aliyah sangat ditentukan oleh komponen pengawasan madrasah itu sendiri. Untuk itu pemerintah mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan pendidikan madrasah aliyah. Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan tahapan program pengawasan oleh pengawas yang meliputi tiga tahapan, yaitu: 1). Pelaksanaan penyusunan program pengawasan madrasah aliyah, 2) Pelaksanaan program pengawasan madrasah aliyah, dan 3) Evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk mendapatkan informasi yang diperlukakan secara mendalam. Tujuannya adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta–fakta, sifat–sifat serta hubungan antar fenomena pengawasan madrasah di Kabupaten Pesawaran kemudian menganalisis dan diselidiki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 5 pengawas madrasah dan terhadap 10 Kepala Madrasah Aliyah dan 10 Guru 10 Madrasah Aliyah yang dijadikan informan dalam penelitian ini. Dari data yang terkumpul kemudian direduksi, didisplay dan diambil kesimpulan serta diverifikasi. Pemeriksaan keabsahan data meliputi empat hal, yaitu kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan; 1) Dalam implementasi penyusunan program pengawasan, perencanaan program pengawasan di Kabuapten Pesawaran dilakukan secara; a) Tertulis, meskipun masih terdapat dua kelemahan, yaitu (1) adanya kecenderungan kesamaan dalam hal pola dan isi dokumen kepengawasan, (2) kurangnya pertimbangan adanya realitas objek pengawasan yang berbeda pada tingkat satuan madrasah, b) di tentukan goal atau tujuan yang ingin dicapai, c) Sesuai dengan tugas dan tanggung-jawab, d) di tentukan sekala prioritasnya, e) di Review, f) diberi batasan waktu yang jelas; 2) Dalam implementasi pelaksanaan program, pengawas madrasah aliyah di Kabupaten Pesawaran telah dapat; a) Pencapaian tujuan pengawasan. Pengawas madrasah dapat mencapai hal tersebut karena pengawas madrasah telah dengan baik melaksanakan tahapan program pengawasan yang berupa penyusunan progam pengawasan, pelaksanaan program pengawasan dan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, b) Dalam integrasi, pelaksanaan program pengawasan madrasah telah berjalan degan baik hal ini karena pengawas madrasah dapat mengintegrasikan program kepengawasannya dengan program-program atau rencana-rencana kepala madrasah dan guru madrasah, c) Dalam adaptasi, pengawas madrasah dalam melaksanakan program pengawasan telah dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan madrasah, kepala madrasah dan guru madrasah yang berbeda-beda kondisinya, tetapi kadang masih terkendala oleh sebagian madrasah yang sarana dan prasarananya belum lengkap yang seringkali menjadi hambatan bagi kepala madrasah, guru dan warga madrasah pada umumnya dalam proses pembelajaran; 3) Dalam implementasi evaluasi hasil pelaksanaan program, pengawas madrasah aliyah di Kabupaten Pesawaran telah dapat mengetahui kesenjangan (discrepancy) antara target capaian (standard) dan target nyata capaian (performance) dan dijadikan bahan acuan pada penyusunan program pengawasan tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:14
Last Modified: 28 Sep 2020 05:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item