PENGARUH ISLAMIC MARKETING, PENANGANAN KELUHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BPRS SEPROVINSI LAMPUNG

DITTA NUR HIDAYANTI, hid (2020) PENGARUH ISLAMIC MARKETING, PENANGANAN KELUHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BPRS SEPROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 fiks.docx] HTML
Download (28kB)
[thumbnail of bab 2 fiks.docx] HTML
Download (110kB)
[thumbnail of bab 3 fiks.docx] HTML
Download (40kB)
[thumbnail of cover terbuka.docx] HTML
Download (226kB)
[thumbnail of dapus fiks.docx] HTML
Download (23kB)
[thumbnail of bab 4 fiks revisi.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of bab 5 fiks.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Tingginya laju pertumbuhan industri perbankan syariah tidak terlepas dari ekspansi perbankan syariah yang semakin meluas keseluruh pelosok Indonesia, sehingga perbankan syariah dituntut untuk dapat menerapkan operasionalnya sesuai dengan prinsip syariah. Begitu juga dengan pelayanan marketingnya, hal lain yang perlu diperhatikan dalam memberikan layanan kepada para nasabahnya adalah bagaimana menangani keluhan-keluhan yang dirasakan nasabah.Apabila pelayanan yang diberikan kepada para nasabahnya dilakukakn dengan cepat dan tanggap maka dengan sendirinya nasabah akan loyal terhadap perbankan, kemudian semakin meningkatnya loyalitas nasabah ke pihak perbankan tidak terlepas dari kepercayaan nasabah kepihak perbankan. Hal tersebut diduga dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini akan mengkaji 4 hal yakni Apakah islamic marketing berpengaruh terhadap loyaliats nasabah pembiayaan murabahah?, apakah penanganan keluhan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah?, apakah kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah?, apakah islamic marketing, penanganan keluhan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan 100 responden nasabah pembiayaan murabahah dari 3 BPRS Seprovinsi Lampung dengan kriteria yang telah peneliti tentukan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh islamic marketing terhaadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah sebesar 35,7%, terdapat pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah sebesar 49,3%, terdapat pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah sebesar 20%, terdapat pengaruh islamic marketing, penanganan keluhan dan Kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah sebesar 53,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:26
Last Modified: 19 Aug 2020 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item