Fataturrohmah, Anis (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERMATI, IDENTIFIKASI, NARASIKAN, TELAAH, DAN APRESIASI (CINTA) BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, menjelaskan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik MIN 5 Bandar Lampung masih rendah, hal ini disebabkan kurang bervariasi proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran CINTA berbantu tangram terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CINTA berbantu tangram terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran CINTA berbantu tangram lebih baik daripada pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran CINTA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design (desain eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 2x2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas dengan materi bangun datar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol MIN 5 Bandar Lampung, yang kemudian dilakukan uji keseimbangan dari nilai ulangan harian dua kelas tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji-t dua pihak kemudian uji-t satu pihak yaitu pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh thitung = ttabel = dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, baik untuk uji-t dua pihak maupun uji-t satu pihak. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran CINTA berbantu media tangram terhadap pemahaman konsep matematis dan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran CINTA berbantu tangram lebih baik daripada pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran CINTA. Kata Kunci: Model CINTA, media tangram, pemahaman konsep matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:21 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:21 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/562 |
Actions (login required)
View Item |