Suwandika, Rizky (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbing layak dan menarik untuk digunakan peserta didik pada jenjang SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development ) model 4D (Define, Design, Development, dessiminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap small group dan tahap field test. Hasil validasi ahli materi dari 3 validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 dan hasil ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,8. Sementara uji coba tahap small group terdiri dari 9 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria menarik dan 9 siswa dari MTs Tri Bakti Al-Ikhlas dengan nilai rata-rata 3,2 dengan kriteria menarik. Sementara hasil uji coba tahap field test dengan jumlah 21 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat menarik dan MTs Tri Bakti Al-Ikhlas memperoleh nilai sebesar 3,3 dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbingpada materi SPLDV pada kriteria layak dan menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:38 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4959 |
Actions (login required)
View Item |