PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

YEERATEE, SAMEELA (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SAMEELA YEERATEE.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung (2) Faktor Penghambat Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan pengawas dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian yang berusaha mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. Untuk memperoleh data yang lengkap penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah sudah baik karena dari 8 indikator ada 6 indikator yang terlaksana dan 2 indikator yang belum terlaksana, adapun indikatornya adalah: kunjungan kelas, observasi kelas, inter visitasi, percakapan pribadi, rapat guru, workshop, studi kelompok antar guru dan buletin supervisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik adalah bantuan yang memberikan untuk memperbaiki situasi belajar mengajar yang lebih baik sukses atau tidaknya sebagian besar tergantung pada supervisor/kepala sekolah. Untuk membimbing dan membantu guru-guru di sekolah agar guru-guru mampu melaksanakan tugas secara profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:45
Last Modified: 06 Nov 2018 01:45
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item