MANAJEMEN KINERJA MADRASAH (Studi tentang Kontribusi Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Madrasah Ibtidaiyahdi Kabupaten Way Kanan)

FAHMI, ISMAIL (2018) MANAJEMEN KINERJA MADRASAH (Studi tentang Kontribusi Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Madrasah Ibtidaiyahdi Kabupaten Way Kanan). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK, COVER, PERSETUJUAN, DLL.pdf]
Preview
PDF
Download (130kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
PDF
Download (128kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
PDF
Download (377kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
PDF
Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
PDF
Download (30kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (40kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN (PERBAIKAN   8).pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BIODATA RINGKAS Dr. ISMAIL FAHMI, S.Pd., M.M..pdf]
Preview
PDF
Download (14kB) | Preview
[thumbnail of REKOMENDASI MODEL KONSEPTUAL.pdf]
Preview
PDF
Download (101kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kinerja madrasah yang optimaldipengaruhi oleh beberapa variabel antara lain keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru. Berdasarkan hasil penelitian awal di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Way Kanan, kepala madrasah memiliki keterampilan manajerial, budaya organisasi di madrasah cukup baik, dan guru cukup berkomitmen dalam melaksanakan kerjanya, namun kinerja Madrasah masih kurang optimal. Oleh karena itu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru terhadap kinerja madrasah? Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru terhadap kinerja Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 448 orang guru yaitu seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Way Kanan,dengan sampel sebanyak 195 orang guru. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan analisis regresi ganda, dilanjutkan dengan pendiskripsian secara kualitatif untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Ada pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap budaya organisasi sebesar 64,4% yang dikategorikan sedang (2) Ada pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap komitmen kerja guru sebesar 68% yang dikategorikan sedang (3) Ada pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja guru sebesar 99,2% yang dikategorikan sangat tinggi (4) Ada pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap kinerja Madrasah sebesar 60,7% yang dikategorikan sedang (5) Ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja Madrasah sebesar 75,9% yang dikategorikan tinggi (6) Ada pengaruh komitmen kerja guru terhadap kinerja Madrasah sebesar 77,2% yang dikategorikan tinggi (7) Ada pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Way Kanan dengan kontribusi pengaruh sebesar 78% yang dikategorikan kuat. Faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja Madrasah adalah komitmen kerja guru (77,2%).Temuan tersebut mengindikasikan bahwa guru yang memiliki komitmen kerja yang tinggi akan lebih besar pengaruhnya terhadap kinerja Madrasah dibandingkan faktor keterampilan manajerial kepala madrasah dan budaya organisasi, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Way Kanan. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja madrasah, maka harus meningkatkan keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru. Semakin baik keterampilan manajerial kepala madrasah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru, maka kinerja madrasah akan iii cenderung semakin meningkat. Agar peningkatan kinerja madrasah lebih optimal, selain meningkatkan keterampilan manajerial kepala madrasah dan budaya organisasi, komitmen guru harus lebih dioptimalkan, karena guru yang memiliki komitmen kerja yang tinggi akan lebih kreatif, aktif, dan produktif dalam melahirkan inovasi-inovasi baru yang akan meningkatkan kinerja madrasah dan mutu madrasah.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:59
Last Modified: 05 Nov 2018 07:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item