Anggraini, Nia (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MATERI POKOK TRIGONOMETRI UNTUK SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah disiplin ilmu yang telah dipelajari semenjak pendidikan dasar dan membantu perkembangan disiplin ilmu lainnya seperti fisika, kimia, biologi, ekonomi dan lainnnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Modul matematika berdasarkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) materi pokok trigonometri untuk SMA. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) Borg and Gall yang dimodifikasi dari sugiyono, adapun prosedur yang digunakan sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumen. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata dengan kriteria valid. Pada uji coba lapangan guna mengetahui respon peserta didik di MA Muhammadiyah Bandar Lampung diperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kriteria sangat menarik, di SMA AL-AZHAR 3 memperoleh skor rata-rata sebesar 3,55 dengan kriteria sangat menarik, dan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung memperoleh skor rata-rata sebesar 3,53 dengan kriteria sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 06:37 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 06:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4000 |
Actions (login required)
View Item |