PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DENGAN STRATEGI QSH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF DAN SCIENTIFIC REASONING PADA PESERTA DIDIK

AYU, RINDIYANTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DENGAN STRATEGI QSH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF DAN SCIENTIFIC REASONING PADA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada peserta didik SMP Negeri 2 Bekri. Menganalisis pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif. Menganalisis pengaruh model ECIRR dengan strategi QSH terhadap Scientific Reasoning. Menguji pengaruh model ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Tiga kelas diujikan: Kelas Eksperimen 1: Model ECIRR dengan strategi QSH. Kelas Eksperimen 2: Model ECIRR. Kelas Kontrol: Pembelajaran ekspositori. Populasi dan Sampel:Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Bekri tahun ajaran 2024/2025 dengan teknik sampling simple random sampling. Analisis Data: Menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif, terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap scientific reasoning dan terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif dan Scientific Reasoning pada peserta didik. Pembelajaran dengan model ECIRR dan strategi QSH lebih efektif dibandingkan metode ekspositori dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada peserta didik secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang aktif dan terstruktur dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Kata Kunci : Elicit, Confront, Identify, Resolve, dan Reinforce (ECIRR), Question Student Have (QSH), Kemampuan Berpikir Reflektif, Scientific Reasoning. iv ABSTRACT This study focuses on the low ability of reflective thinking and scientific reasoning in students of SMP Negeri 2 Berkri. Analyze the influence of the ECIRR learning model with QSH strategy on reflective thinking skills. Analyze the influence of the ECIRR model with the QSH strategy on Scientific Reasoning. To test the influence of the ECIRR model with QSH strategy on reflective thinking and scientific reasoning skills in students. The research uses a quantitative approach with a Quasi Experimental design. Three classes were tested: Experimental Class 1: ECIRR model with QSH strategy. Experimental Class 2: ECIRR Model. Control Class: Expository learning. Population and Sample: The population is all students of grade VIII of SMPN 2 Bekri for the 2024/2025 school year with a simple random sampling technique. Data Analysis: Using normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests with MANOVA. The results showed that: There was an influence of the ECIRR learning model with QSH strategy on reflective thinking skills, there was an influence of ECIRR learning model with QSH strategy on scientific reasoningand there was an influence of ECIRR learning model with QSH strategy on reflective thinking and Scientific Reasoning skillsto students. Learning with the ECIRR model and QSH strategy is more effective than the expository method in improving these two skills. This study concludes that the application of the ECIRR learning model with the QSH strategy can significantly improve reflective thinking and scientific reasoning skills in students. This shows that active and structured learning methods can have a positive impact on students' cognitive abilities. Keywords: Elicit, Confront, Identify, Resolve, and Reinforce (ECIRR), Question Student Have (QSH), Reflective Thinking Ability, Scientific Reasoning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2024 07:23
Last Modified: 30 Dec 2024 07:23
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36823

Actions (login required)

View Item View Item