ANNISA, JAMIL SYARIFAH (2024) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 01 ABUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu proses pembelajaran yang mewadahi para peserta didik untuk belajar sesuai minat, bakat dan kemampuan mereka masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka dan mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik yang menerima pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Focus Group Discussion (FGD), observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, karena penelitian ini akan langsung masuk ke obyek dan menggambarkan apa adanya mengenai obyek yang diteliti, sehingga masalah akan ditemukan dengan jelas. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Matematika dan Tiga Orang Peserta Didik, sedangkan teknik keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data berupa wawancara, Focus Group Discussion, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah proses penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi, strategi yang lebih banyak digunakan adalah strategi proses dan produk, sedangkan strategi konten sangat jarang digunakan, hal ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dan minat belajar peserta didik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peserta didik menjadi faktor utama keberhasilan proses pembelajaran matematika berdiferensiasi. Hasil belajar peserta didik yaitu nilai peserta didik secara keseluruhan dalam tiga kelas telah mencapai KKM dan banyak yang bahkan nilainya sudah melewati KKM. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai peserta didik yang telah menerima pembelajaran matematika berdiferensiasi. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Matematika iii ABSTRACT Differentiated learning is a learning process that accomodates students to learn according to their abilities and respective interest. The aims of this research is to describe the differentiated mathematics learning process in the independent curriculum and to describe the mathematics learning outcomes of students who receive differentiated learning. Data collection methods used are interviews, focus group discussion, observation and documentation. The data analysis used is qualitative analysis because this research will go directly to the object and describe what it is about the object under study, so the problem will be found clearly. The data sources for this research are the Headmaster, Teacher and Three Students, while the validity of the research data use triangulation techniques because the researchers used data collection techniques in the form of interviews, focus group discussion, observation and dokumentation. The results in this study are the process of implementing differentiated mathematics learning, the strategies that are more widely used are process and product strategies, while content strategies are very rarely used, this is done based on the different learning needs of students. Therefore, students are the main factor in the success of the differentiated mathematics learning process. The learning outcomes of students, namely the overall value of students in three classes, have reached the KKM and many have even exceeded the KKM. This proves that there is an increase in the value of students who have received differentiated mathematics learning. Keywords : Differentiated Learning, Mathematics Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |