Rahma, Yusmaniar (2024) ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI STATISTIKA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran SMA/MA, terutama dalam menguasai materi Statistika. Rendahnya hasil belajar ini salah satunya disebabkan oleh berbagai hambatan epistemologi yang dihadapi mahasiswa, yang mengganggu pemahaman dan penerapan konsep secara efektif. Epistemological obstacle meliputi kesalahan konseptual, prosedural, dan operasional yang dapat menghalangi proses belajar matematika dan kemampuan mahasiswa untuk mengajar di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis epistemological obstacle (hambatan epistemologi) yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di UIN Raden Intan Lampung dalam mata kuliah Pembelajaran SMA/MA pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, karena fokus utamanya adalah untuk menggambarkan dan menganalisis hambatan epistemologi yang dihadapi oleh mahasiswa. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswa, masing-masing mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian materi statistika dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami berbagai hambatan epistemologi. Hambatan konseptual tampak dalam bentuk kesalahan pemahaman terhadap fakta-fakta, di mana mahasiswa tidak dapat menjelaskan konsep penyajian data yang disajikan. Selain itu, mahasiswa juga mengalami hambatan prosedural, seperti kesalahan dalam penggunaan simbol dan penerapan aturan yang sistematis dalam menjawab soal. Lebih lanjut, hambatan teknik operasional juga ditemukan, di mana mahasiswa membuat kesalahan dalam penulisan dan perhitungan saat menyelesaikan persoalan. Kata kunci: Hambatan epistemologi, Statistika iii ABSTRACT This research was motivated by the low learning outcomes of students in high school/MA learning courses, especially in mastering statistics material. This low learning outcome is partly caused by various epistemological obstacles faced by students, which interfere with understanding and applying concepts effectively. Epistemological obstacles include conceptual, procedural and operational errors that can hinder the mathematics learning process and students' ability to teach in the future. Therefore, this research aims to describe the results of the analysis of epistemological obstacles experienced by students of the Mathematics Education Study Program at UIN Raden Intan Lampung in SMA/MA learning courses on Statistics. This research uses a qualitative method with a qualitative descriptive approach, because the main focus is to describe and analyze the epistemological obstacles faced by students. The subjects of this research consisted of three students, each representing high, medium and low ability categories. The instruments used in this research were tests in the form of descriptions of statistical material and interviews. The data analysis techniques used include: data reduction, data presentation, and data verification. The research results also show that students experience various epistemological obstacles. Conceptual barriers appear in the form of errors in understanding the facts, where students cannot explain the concept of presenting the data presented. Apart from that, students also experience procedural obstacles, such as errors in using symbols and applying systematic rules in answering questions. Furthermore, operational technical obstacles were also found, where students made errors in writing and calculations when solving problems. Keywords: Epistemological Obstacle, Statistics
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:56 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36576 |
Actions (login required)
View Item |