FITRIA, FARA FAUZIAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SLB INSAN PRIMA BESTARI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Bilangan dan segala bentuk operasinya merupakan salah satu dasar yang harus dikuasai dalam mempelajari matematika. Penguasaan terhadap bilangan disebut sebagai number sense. Penyelesaian masalah matematika dapat dilakukan dengan lebih mudah apabila peserta didik memiliki kemampuan number sense, terutama bagi peserta didik penyandang tunagrahita, di mana penguasaan kemampuan ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan number sense peserta didik tunagrahita di SLB Insan Prima Bestari Bandar Lampung, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VIII SLB Insan Prima Bestari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan number sense kedua subjek berada pada kategori nampak (emerging). Hal ini dibuktikan dengan indikator yang telah dicapai oleh subjek penelitian. S1 mampu memenuhi dua indikator, yaitu estimasi dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Sedangkan SII mampu menguasai dua indikator, yaitu menilai kewajaran hasil perhitungan dan pada indikator komputasi mental, SII mampu menjawab soal dengan benar, tetapi tidak mampu menjelaskan hasil perhitungan. Faktor penghambat kemampuan number sense antara lain Subjek terpaku pada satu prosedural penyelesaian soal, kurang teliti dalam memahami soal, kurang latihan soal yang lebih kompleks. Sedangkan faktor pendukung kemampuan number sense yaitu penggunaan soal kontekstual, dukungan emosional guru, dan penugasan aktif di kelas. Kata Kunci : Kemampuan Number Sense, Tunagrahita iv ABSTRACT Numbers and their various operations are fundamental concepts that must be mastered in learning mathematics. Mastery of numbers is referred to as number sense. Problem-solving in mathematics can be more manageable when students possess number sense, particularly for students with intellectual disabilities, where mastery of this skill is highly beneficial in daily life. This study aims to describe and analyze the number sense abilities of students with intellectual disabilities at SLB Insan Prima Bestari in Bandar Lampung, as well as to identify the factors influencing these abilities. The subjects of this research are two eighth-grade students from SLB Insan Prima Bestari. This study employs a qualitative approach with a descriptive research design. Data collection techniques include tests, interviews, and observations. The results indicate that the level of number sense ability of both subjects falls into the emerging category. This is evidenced by the indicators achieved by the research subjects. Subject S1 was able to meet two indicators: estimation and assessing the reasonableness of calculations. Meanwhile, Subject S2 was able to master two indicators: assessing the reasonableness of calculations and, in the case of mental computation, correctly answering questions but unable to explain the results of the calculations. Factors hindering number sense abilities include the subjects relying on a single procedural approach to problem-solving, a lack of attention to understanding the questions, and insufficient practice with more complex problems. Supporting factors for number sense abilities include the use of contextual problems, emotional support from teachers, and active assignments in class. Keywords : "Number Sense Ability, Intellectual Disabilities"
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:48 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 03:48 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36528 |
Actions (login required)
View Item |