ANGGITA, DHEA PUTRI (2024) ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN BASIS DATA SCOPUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Komunikasi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pendidikan matematika yang membuat pembelajaran menjadi lebih hidup. Kemampuan komunikasi matematis mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengekspresikan ide, konsep, atau pemahaman matematika secara jelas dan tepat, baik secara lisan, tulisan, maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian terkait kemampuan komunikasi matematis melalui metode analisis bibliometrik pada basis data Scopus selama periode 2015-2024. Analisis bibliometrik dilakukan untuk mengidentifikasi tren publikasi, produktivitas penulis, serta kolaborasi ilmiah dalam topik tersebut. Penelitian ini menyajikan pemetaan literatur untuk melihat distribusi karya ilmiah, kata kunci yang sering digunakan, negara yang berkontribusi, serta hubungan antar penulis dan lembaga penelitian. Pencarian dilakukan dengan menetapkan kata kunci “Mathematical Communication” pada Scopus.com, untuk selanjutnya dieliminasi dengan hanya memilih jurnal/konferensi prosiding yang terbit dalam dekade terakhir. Diperoleh hasil 202 artikel terpublikasi dan 690 sitasi, di mana ditunjukkan pola fluktuasi pada perkembangannya. Negara Indonesia menempati posisi teratas dalam jumlah publikasi dan sitasi. Tema utama yang muncul adalah “Mathematical Communication” yang terfokus pada siswa tingkat sekolah menengah pertama, serta mengaitkan topik ini dengan metode pembelajaran yang inovatif dan model pembelajaran berbasis masalah serta e-learning. Sementara itu, Journal of Physics: Conference Series menjadi sumber utama yang banyak dikutip. Visualisasi dengan VOSviewer digunakan untuk mengidentifikasi peluang penelitian di masa mendatang dengan melihat kata kunci yang frekuensinya rendah. Analisis perbandingan internasional juga disarankan untuk memberikan perspektif global mengenai perkembangan penelitian ini di Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Analisis Bibiometrik dan Mathematical Communication iv ABSTRACT Communication is one of the goals to be achieved in mathematics education, making learning more engaging. Mathematical communication skills refer to a person's ability to express mathematical ideas, concepts, or understanding clearly and accurately, whether verbally, in writing, or visually. This study aims to analyze the development of research related to mathematical communication skills through bibliometric analysis on the Scopus database for the period 2015–2024. Bibliometric analysis is conducted to identify publication trends, author productivity, and scientific collaboration on this topic. This study presents a literature mapping to examine the distribution of scholarly works, frequently used keywords, contributing countries, as well as relationships between authors and research institutions. The search was conducted by setting the keyword “mathematical communication” on Scopus.com, then narrowed by selecting only journal/conference proceedings published in the last decade. A total of 202 published articles and 690 citations were obtained, showing a fluctuating pattern in its development. Indonesia ranks at the top in terms of publications and citations. The main theme that emerged is “Mathematical Communication,” focusing on junior high school students, connecting this topic with innovative teaching methods and problem-based learning models, as well as e-learning. Meanwhile, the Journal of Physics: Conference Series became a primary and frequently cited source. Visualization using VOSviewer was utilized to identify future research opportunities by examining low-frequency keywords. An international comparative analysis is also recommended to provide a global perspective on the development of this research in Indonesia compared to other countries. Keywords: Mathematical Communication Skills, Bibliometric Analysis, Mathematical Communication
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:38 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36512 |
Actions (login required)
View Item |