FRECELIA, AGHATA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu kemampuan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experimental design menggunakan desain posstest only control. Peserta didik kelas VII SMP 23 Bandar Lampung adalah populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua arah (Two Way Anova) dengan taraf signifikan 0,05. Perhitungan uji ANOVA dua arah menggunakan SPSS 26 dan mendapatkan hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh media pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Terdapat pengaruh minat belajar kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) dan minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : GAULL (Game Edukasi Wordwall), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar. iv ABSTRACT Mathematical problem solving ability is an ability to find a solution to a mathematical problem. This study aims to determine the effect of GAULL (Wordwall Educational Game) learning media on mathematical problem solving ability in terms of students' learning interest. This study is a quantitative study with a Quasy Experimental design approach using a posttest only control design. Students of class VII of SMP 23 Bandar Lampung are the population in this study. The sampling technique uses cluster random sampling technique. The samples used in this study were 2 classes, namely class VIII A as the experimental class and class VIII C as the control class. Data collection techniques in this study were in the form of tests and questionnaires. The data analysis used was a two-way ANOVA test with a significance level of 0.05. The calculation of the two-way ANOVA test used SPSS 26 and obtained the results that (1) There is an effect of GAULL (Wordwall Educational Game) learning media on mathematical problem solving ability. (2) There is an effect of high, medium, and low learning interest categories on mathematical problem solving ability. (3) There is no interaction between GAULL (Wordwall Educational Game) learning media and students' interest in learning mathematical problem solving skills. Keywords: GAULL (Wordwall Educational Game), Mathematical Problem Solving Skills, Learning Interest.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36499 |
Actions (login required)
View Item |