ZUMROTUL, ISNAINI (2024) HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA DAMPAKNYA PADA PENALARAN ADAPTIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Berpikir kritis dan penalaran adaptif merupakan sebuah keterampilan dalam diri yang harus terus diasah, karena merupakan sebuah keterampilan maka proses berpikir kritis dan penalaran adaptif senantiasa distimulus. Berpikir kritis dan penalaran adaptif pada peserta didik sangat dipengaruhi oleh rasa kepercayaan diri dan motivasi belajar. Kepercayaan diri dan motivasi belajar memiliki pengaruh penting pada kemampuan berpikir kritis dan penalaran adaptif peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan langsung antara self confidence dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis serta dampaknya pada penalaran adaptif peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penilitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 02 Labuhan Maringgai. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan dat pada penelitian ini menggunakan angket self confidence, angket motivasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan tes penalaran adaptif. Hasil data yang didapat dari penelitian ini akan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis, self confidence terhadap penalaran adaptif, motivasi belajar terhadap penalaran adaptif, dan kemampuan berpikir kritis terhadap penalaran adaptif. Serta tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence terhadap penalaran adaptif melalui kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar terhadap penalaran adaptif melalui kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Self Confidence, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Penalaran adaptif. iii ABSTRACT Critical thinking and adaptive reasoning are skills that need to be continuously honed. As skills, critical thinking and adaptive reasoning are consistently stimulated. The development of critical thinking and adaptive reasoning in students is greatly influenced by self-confidence and learning motivation. Both self-confidence and learning motivation play significant roles in students' abilities to engage in critical thinking and adaptive reasoning. This study aims to determine the direct relationship between self-confidence and learning motivation on critical thinking ability and their impact on students' adaptive reasoning. The method used in this research is a survey with a causal approach. The population for this study includes all class VIII students at UPTD SMP Negeri 02 Labuhan Maringgai. The sample was selected using cluster random sampling. Data collection techniques in this study involved self-confidence questionnaires, learning motivation questionnaires, critical thinking tests, and adaptive reasoning tests. The data obtained from this research will be analyzed using path analysis. The results of this study indicate that there are significant relationships between self-confidence and critical thinking ability, learning motivation and critical thinking ability, self-confidence and adaptive reasoning, learning motivation and adaptive reasoning, and critical thinking ability and adaptive reasoning. However, there are no significant relationships between self-confidence and adaptive reasoning through critical thinking ability, and learning motivation and adaptive reasoning through critical thinking ability. Keywords: Self-Confidence, Learning Motivation, Critical Thinking Ability, Adaptive Reasoning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36448 |
Actions (login required)
View Item |