ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Aliya, Rana Intan Saputri (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALIYA RANA INTAN SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada materi SPLDV pada peserta didik di sekolah. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi penyebab utama kesulitan belajar matematika serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan di MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebanyak 3 peserta didik yang terindikasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes diagnostic dengan analisis data menggunakan software ATLAS.ti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII D yang berjumlah 3 orang memiliki kesulitan belajar yang disebabkan oleh pemahaman konsep dan prinsip yang rendah, serta faktor – faktor yang mempengaruhinya seperti fisiologis, emosional, intelektual dan pedagosis. Kata Kunci: Kesulitan belajar, matematika, faktor kesulitan belajar. iii ABSTRACT This study aims to analyze the factors contributing to students' learning difficulties in mathematics, particularly in the topic of Systems of Linear Equations in Two Variables (SPLDV). The research focuses on identifying the primary causes of these difficulties and the influencing factors. Conducted at MTs Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung, the study employs a qualitative descriptive method. The subjects of the study are three Grade VIII D students identified as experiencing learning difficulties. Data were collected through observation, interviews, and diagnostic tests, with data analysis performed using ATLAS.ti software. The results reveal that the three Grade VIII D students face learning difficulties due to low comprehension of concepts and principles. These difficulties are influenced by various factors, including physiological, emotional, intellectual, and pedagogical aspects. Keyword: Learning difficulties, mathematics, factors contributing to learning difficulties.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Dec 2024 06:41
Last Modified: 03 Dec 2024 06:41
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36442

Actions (login required)

View Item View Item