FEBBY, PUTRIANINGSIH (2024) HUBUNGAN GAYA KOGNITIF, HABITS OF MIND DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Gaya Kognitif adalah cara peserta didik untuk memproses informasi dan menyelesaikan masalah. Habits of Mind merupakan sekumpulan kemampuan yang memungkinkan kinerja kecerdasan guna mengatasi masalah yang tidak diketahui peserta didik. self regulated learning merupakan kapasitas peserta didik melakukan kontrol dan mengembangkan strategi guna menghasilkan hasil belajar yang efektif. pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk memecahkan soal matematika. representasi matematis merupakan kemampuan yang dimiiki peserta didik untuk menentukan ide-ide kedalam bentuk gambar, diagram, grafik, notasi simbol sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan matematika. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kognitif, habits of mind dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 01 Way Jepara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotionate stratified random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes uraian dan angket. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SEM. Analisis data pada penelitian ini dapat disimpulan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara Gaya kognitif, Habits of Min, self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan representasi matematis. Kata kunci : Gaya Kognitif, Habits of Mind, self regulated learning, pemecahan masalah, representasi matematis iv ABSTRACT Cognitive style refers to the way students process information and solve problems. Habits of Mind are a set of skills that enable intelligent behavior to tackle problems that students are unfamiliar with. Self-regulated learning is the students' capacity to exercise control and develop strategies to achieve effective learning outcomes. Problem-solving is the ability students possess to solve mathematical problems. Mathematical representation is the ability of students to express ideas in the form of images, diagrams, graphs, or symbolic notation as an effort to solve mathematical problems. This study aims to determine the relationship between cognitive style, Habits of Mind, and self-regulated learning on problem-solving ability and mathematical representation. This research uses a quantitative approach with a correlational research type. The population of this study consists of seventh-grade students at SMPN 01 Way Jepara. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling, with research instruments in the form of essay tests and questionnaires. The data analysis technique employed in this research is SEM analysis. The data analysis from this study concludes that no significant relationship was found between cognitive style, Habits of Mind, and self-regulated learning with mathematical problem-solving ability and mathematical representation. Keywords: Cognitive Style, Habits of Mind, Self-regulated Learning, Problem-solving, Mathematical Representation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:40 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36402 |
Actions (login required)
View Item |