PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTU ADOBE FLASH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

LILIS, ARISKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTU ADOBE FLASH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 LILIS ARISKA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LILIS ARISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan ide atau gagasan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diungkapkan secara verbal ataupun tulisan yang meliputi grafik, tabel, gambar, persamaan, atau yang lainnya. Berdasarkan hasil prapenelitian di SMP Negeri 32 Bandar Lampung diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis yang masih kurang memahami yang ditunjukkan dari hasil tes. Permasalahan tersebut dapat teratasi dengan adanya suatu proses belajar mengajar yang aktif, efektif, dan efesien, yaitu dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta adanya media pemebelajaran sebagai penunjang dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy 8 (DMR) berbantu Adobe Flash terhadap kemampuan representasi matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Variabel pada penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) berbantu Adobe Flash menjadi variabel bebas dan kemampuan representasi menjadi variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung, dengan sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) berbantu Adobe Flash terhadap kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Model DMR, Adobe Flash, Representasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:40
Last Modified: 19 Nov 2024 06:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36320

Actions (login required)

View Item View Item