YULI, YANTO (2024) HUBUNGAN EMOTIONAL INTELLIGENCE, SELF CONFIDENCE, SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PENALARAN MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Emotional Intelligence berfungsi pada mahluk sosial yang selalu berhubungan dengan orang lain. Self confidence merupakan siswa yang memiliki kesanggupan, kemampuan dan belajar matematika yang baik, cepat dan pantang menyerah, memiliki rasa yakin dan dapat berpikir realistis. self regulated learning merupakan kegiatan yang menuntut siswa untuk mandiri mencari informasi dan mempelajari materi karena waktu pembelajaran dengan guru di sekolah dikurangi. pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk memcahkan soal matematika. Penalaran matematis merupakan suatu kebiasaan otak seperti halnya kebiasaan lain yang harus dikembangkan secara konsisten menggunakan berbagai macam konteks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan emotional intelligence, self confidence, self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan penalaran matematis. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan metode statistik untuk mengukur hubungan antar dua variabel atau lebih. Studi korelasi adalah studi dengan memanfaatkan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Way Jepara Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini, dengan menggunakan probability sampling berupa propotionate stratified random sampling. sampel yang akan digunakan dari total populasi wajib dilaksanakan dengan teknik pengambilan sampling yang cocok. Instrument yang digunakan pada pengumpulan data adalah menggunakan angket untuk emotional intelligence, self confidence, self regulated learning, serta soal essai untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan penalaran matematis. Analisis data pada penelitian ini dapat disimpulan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara emotional intelligence, self confidence, self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan penalaran matematis. Kata kunci : emotional intelligence, self confidence, self regulated learning, pemecahan masalah, penalaran matematis iii ABSTRACT Emotional Intelligence functions in social creatures who are always in contact with other people. Self-confidence is a student who has the ability, ability and learns mathematics well, is fast and never gives up, has a sense of confidence and can think realistically. Self regulated learning is an activity that requires students to independently search for information and study material because learning time with teachers at school is reduced. Problem solving is the ability that students have to solve mathematical problems. Mathematical reasoning is a brain habit like other habits that must be developed consistently using various contexts. The aim of this research is to find out whether there is a relationship between emotional intelligence, self-confidence, self-regulated learning and its influence on mathematical problem solving and mathematical reasoning abilities. In this research, the correlation research method was used. This research uses statistical methods to measure the relationship between two or more variables. Correlation studies are studies that utilize quantitative data analysis. The population in the research were all class VIII students at SMPN 1 Way Jepara, East Lampung. The sampling technique in this research used probability sampling in the form of proportional stratified random sampling. The sample to be used from the total population must be carried out using a suitable sampling technique. The instruments used in data collection were questionnaires for emotional intelligence, self-confidence, self regulated learning, as well as essay questions for problem solving and mathematical reasoning. Analysis of the data in this study can conclude that no significant relationship was found between emotional intelligence, self-confidence, self-regulated learning and mathematical problem solving abilities and mathematical reasoning. Key words: emotional intelligence, self confidence, self regulated learning, problem solving, mathematical reasoning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:53 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:42 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36312 |
Actions (login required)
View Item |