ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS BERDASARKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Nadila, Usman Ali (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS BERDASARKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Nadila BAB I,II,V.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Nadila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bersadarkan teori Nolting pada kelas IX SMP Negeri 4 Kotabumi Lampung Utara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini ialah 6 siswa kelas IX SMP negeri 4 Kotabumi Lampung Utara yang dipilih berdasarkan masing-masing 3 siswa yang termasuk dalam kategori Field Independen dan 3 siswa yang termasuk kategori Field Dependent. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini ialah lembar soal tes GEFT dan tes soal serta pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 4 Kotabumi dalam menyelesaikan soal Matematika tipe HOTS berdasarkan teori Nolting yaitu Careless Erors, Concept Erors, Applicaton erors dan Test Taking Erors. Kesalahan terbesar dilakukan pada jenis kesalahan Concept Erors yang mengakibatkan jawaban yang tidak tepat. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Matematika tipe HOTS adalah minimnya pemahaman siswa pada materi SPLDV, kurangnya minat siswa dalam pelajaran matematika, siswa ceroboh dalam menyelesaikan soal dan siswa salah dalam menghitung. Kata kunci: Kesalahan Siswa, Teori Nolting, Gaya Kognitif ii ABSTRACT This study aims to determine the types of errors and factors causing errors made by students in solving mathematics problems based on Nolting's theory in class IX of SMP Negeri 4 Kotabumi, North Lampung. This type of research uses a qualitative approach with a descriptive method. The subjects of this study were 6 students of class IX of SMP Negeri 4 Kotabumi, North Lampung who were selected based on 3 students each included in the Independent Field category and 3 students included in the Dependent Field category. The instruments used in this study were GEFT test question sheets and test questions and interview guidelines. The data collection techniques used in this study were test techniques and interview techniques. The data analysis techniques used were data condensation, data presentation and drawing conclusions/verification. The results of the study showed that the types of errors made by students of SMP Negeri 4 Kotabumi in solving HOTS type Mathematics problems based on Nolting's theory were Careless Errors, Concept Errors, Application errors and Test Taking Errors. The biggest error was made in the Concept Errors type which resulted in incorrect answers. The factors causing students' errors in solving HOTS type Mathematics problems are students' minimal understanding of SPLDV material, students' lack of interest in mathematics lessons, students' carelessness in solving problems and students' errors in calculating. Keywords: Student Errors, Nolting's Theory, Cognitive Style

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:04
Last Modified: 14 Nov 2024 04:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item View Item