ANALISIS BIBLIOMETRIK PENGGUNAAN GEOGEBRA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS

AYU, LESTARI (2024) ANALISIS BIBLIOMETRIK PENGGUNAAN GEOGEBRA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi ayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan suatu peserta didik ditentukan oleh peranan pendidik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu tindakan oleh para pendidik dalam mengatasi hal ini dalam proses pembelajaran matematika. Geogebra telah menjadi tren dalam pembelajaran matematika karena penggunaannya yang mudah dan fitur-fiturnya yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui visualisasi pemetaan jaringan pada penelitian tentang topik geogebra dalam pemecahan masalah matematis berbasis data scopus Periode 2015-2024 dan untuk mengetahui penulis, negara, lembaga, dan sumber memberikan kontribusi paling besar terhadap penggunaan geogebra dalam menyelesaikan masalah matematis. Perangkat lunak VOSviewer dan alur PRISMA digunakan untuk pemetaan dan analisis literatur. Sebanyak 673 literatur yang diambil dari database scopus dari 2015-2024 dengan menggunakan dua kata kunci digunakan sebagai sumber ulasan, dan sebanyak 480 literatur dianalisis. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil visualisasi, geogebra menjadi topik yang diminati oleh para peneliti untuk diteliti berdasarkan data artikel jurnal pada rentang waktu 2015-2024. Geogebra menjadi topik yang sering digunakan dalam penelitian dikarenakan memiliki ukuran lingkaran yang besar dengan link terbanyak (dilihat pada Network Visualization). Tingkat kepadatan yang tinggi (dilihat pada Density Visualization) dan paling sering diteliti pada tahun 2020 (dilihat pada Overlay Visualization). Kata Kunci: Analisa Bibliometrik, Geogebra, Matematika iii ABSTRACK The success of a student is determined by the role of educators in the learning process. Therefore, an action is needed by educators to overcome this in the mathematics learning process.Geogebra has become a trend in mathematics learning because of its easy use and interactive features. The purpose of this study was to determine the visualization of network mapping in research on the topic of geogebra in solving mathematical problems based on scopus data for the 2015 2024 period and to find out which authors, countries, institutions, and sources contributed the most to the use of geogebra in solving mathematical problems. VOSviewer software and PRISMA flow were used for literature mapping and analysis. A total of 673 literatures taken from the Scopus database from 2015-2024 using two keywords were used as review sources, and a total of 480 literatures were analyzed. This research uses a quantitative methods with a descriptive approach. Based on the visualization results, geogebra is a topic of interest to researchers to be studied based on journal article data in the 2015-2024 time span. Geogebra is a topic that is often used in research because it has a large circle size with the most links (seen in Network Visualization). High density level (seen in Density Visualization) and most often studied in 2020 (seen in Overlay Visualization). Keywords: Bibliometric Analysis, Geogebra, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:29
Last Modified: 13 Nov 2024 06:29
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36270

Actions (login required)

View Item View Item