HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECERDASAN NUMERIK SISWA

DEFIANA, AYU PUSPITA (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KECERDASAN NUMERIK SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Defiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika, tekanan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika dan menarik kesimpulan siswa lebih condong menggunakan rumus-rumus praktis. Hal ini membuat kemampuan yang sudah dimiliki siswa menjadi terabaikan. Oleh karena itu, seorang siswa harus memiliki kemampuan bernalar dan sikap yang bertanggung jawab dalam memecahkan masalah dalam matematika. Adanya kemampuan penalaran matematis akan memudahkan siswa dalam memecahkan dan menemukan cara terbaik untuk memecahkan suatu permasalahan, mengetahui kemampuannya dengan menyadari segala sesuatu yang tidak diketahui, dan berkomunikasi dengan baik dalam mengungkapkan pikiran secara rinci. Namun terdapat faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan numerik dan kemampuan penalaran siswa, yaitu tingkat kepercayaan diri, ketahanan matematis, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan langsung dan tidak langsung, anatara kepercayaan diri dan resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis serta melihat dampaknya terhadap kecerdasan numerik siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah selruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Margo dengan menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu stratified random sampling. Angket dan tes digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket self confidence, resiliensi matematis, tes kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan numerik. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan langsung self confidence terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) Terdapat hubungan langsung resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis, (3) Terdapat iii hubungan langsung antara self confidence terhadap kecerdasan numerik, (4) Terdapat hubungan langsung anatara resiliensi matematis terhadap kecerdasan numerik, (5) Terdapat hubungan langsung kemampuan penalaran matematis terhadap kecerdasan numerik, (6) Terdapat hubungan tidak langsung antara self confidence terhadap kecerdasan numerik melalui kemampuan penalaran matematis, (7) Terdapat hubungan tidak langsung antara resiliensi terhadap kecerdasan numerik melalui kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci: Self Confidence, Resiliensi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Numerik. ABSTRACT Students' difficulties in understanding mathematical material, pressure to solve problems in learning mathematics and draw conclusions students are more inclined to use practical formulas. This makes the abilities that students already have become neglected. Therefore, a student must have the ability to reason and a responsible attitude in solving problems in mathematics. The existence of mathematical reasoning skills will make it easier for students to solve and find the best way to solve a problem, know their abilities by realizing everything that is unknown, and communicate well in expressing thoughts in detail. However, there are factors that can affect students' numerical intelligence and reasoning ability, namely the level of self-confidence, mathematical resilience, and so on. Therefore, this study aims to determine the direct and indirect relationship between self confidence and mathematical resilience to mathematical reasoning ability and see its impact on students' numerical intelligence. The research method used in this study is ex-post facto with a quantitative approach. The population in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 3 Banjar Margo using a sampling technique, namely stratified random sampling. Questionnaires and tests were used for data collection, namely self confidence questionnaire, mathematical resilience, mathematical reasoning ability test and numerical intelligence. Hypothesis testing used is path analysis. The results of this study are (1) There is a direct relationship between self confidence to mathematical reasoning ability, (2) There is a direct relationship between mathematical resilience to mathematical reasoning ability, (3) There is a direct relationship between self confidence to numerical intelligence, (4) There is a direct relationship between mathematical resilience to numerical intelligence, (5) There is a direct relationship between mathematical reasoning ability and numerical intelligence, (6) v There is an indirect relationship between self confidence and numerical intelligence through mathematical reasoning ability, (7) There is an indirect relationship between resilience and numerical intelligence through mathematical reasoning ability. Keywords: Self Confidence, Mathematical Resilience, Mathematical Reasoning Ability, Numerical Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:31
Last Modified: 28 Oct 2024 03:31
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36090

Actions (login required)

View Item View Item