YULIA, DWI ANGGRAIN (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Berpikir kreatif bagi peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam era persaingan global. Namun pada kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif belum mampu dimiliki peserta didik dikarenakan peserta didik kurang tertarik dan merasa takut dengan pelajaran matematika. Selain itu, peserta didik tidak memiliki kebebasan untuk mengaplikasikan ide baru dan cenderung hanya mengikuti apa saja yang telah diajarkan oleh guru seperti rumus dan proses pengerjaannya. Disisi lain, dalam mengajar guru belum sepenuhnya memperhatikan gaya belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkanlah pembelajaran berdiferensiasi sehingga peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya dengan leluasa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono dengan teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif dan dokumentasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan Two-Way Anava dan diperoleh hasil bahwa: 1). terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 2). terdapat pengaruh antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 3). tidak terdapat interaksi antara pembelajaran berdiferensiasi dengan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar ii ABSTRACT Creative thinking for students is crucial in this era of global competition. However, in reality, students have not yet developed creative thinking skills because they are less interested in and often fear mathematics. Additionally, students do not have the freedom to apply new ideas and tend to simply follow what has been taught by teachers, such as formulas and processes. On the other hand, teachers have not fully taken into account the different learning styles of students when teaching. To address this issue, differentiated instruction has been implemented so that students can develop their creativity more freely. This quantitative research uses a Quasi-Experimental research design. The population of the study consists of all eighth-grade students at SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono, with the sample selected using Cluster Random Sampling. The samples used were class VIII.5 as the experimental group and class VII.1 as the control group. Data collection techniques in this study included a learning style questionnaire, a creative thinking ability test, and documentation. The hypothesis was tested using Two-Way ANOVA, and the results showed: 1) there is an effect of differentiated learning implementation on improving students' mathematical creative thinking abilities; 2) there is an effect of visual, auditory, and kinesthetic learning styles on the improvement of students' mathematical creative thinking abilities; 3) there is no interaction between differentiated learning and learning styles in relation to students' mathematical creative thinking abilities. Keywords: Differentiated Learning, Creative Thinking Ability, Learning Styles.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:59 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36076 |
Actions (login required)
View Item |