Mutiara, Fitria Bekti (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (11MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Kebutuhan akan media pendukung dalam proses pembelajaran yang inovatif dan interaktif yang relevan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi peluang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD berbasis multirepresentasi sebagai inovasi dan solusi permasalahan peserta didik terhadap kemampuan representasi matematis serta mengevaluasi kemenarikan dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyis, Design, Development, Implementation, and Evaluatin. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik di MTs Negeri 1 Lampung Timur kelas VIII sebagai subjek uji coba terapan serta peserta didik kelas IX sebagai subjek uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memperoleh hasil dari segi media 84,5%, dan materi 88,26% dengan kriteria “sangat layak”. Respon kemenarikan peserta didik terhadap E-LKPD ini juga positif, dengan hasil rata-rata 89,02% pada uji coba kelompok kecil dan 89,33% pada uji coba kelompok besar dengan kriteria “sangat menarik”. Hasil uji efektivitas produk dilihat dari hasil pretest dan postest pada uji coba kelompok terapan. Nilai rata-rata pretest peserta didik adalah 38,54 sementara nilai rata rata postest peserta didik adalah 81,61 sehingga diperoleh skor effect size 0,68 dengan kriteria “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis multirepresentasi pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis “efektif” digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik), Multirepresentasi, Peluang, Kemampuan Representasi Matematis. iii ABSTRACK The need for supporting media in an innovative and interactive learning process that is relevant in mathematics learning, especially in the material of probability. The purpose of this study is to develop E-LKPD based on multi-representation as an innovation and solution to students' problems regarding mathematical representation skills and to evaluate its attractiveness and effectiveness. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model consisting of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research and development are students at MTs Negeri 1 Lampung Timur class VIII as subjects of applied trials and students of class IX as subjects of small and large group trials. The techniques used in collecting data are interviews, questionnaires, and mathematical representation ability tests. The results of the study showed that the developed E-LKPD obtained results in terms of media of 84.5%, and material of 88.26% with the criteria of "very feasible". The response of students' interest in this E-LKPD was also positive, with an average result of 89.02% in small group trials and 89.33% in large group trials with the criteria of "very interesting". The results of the product effectiveness test were seen from the results of the pretest and posttest in the applied group trial. The average value of the student's pretest was 38.54 while the average value of the student's posttest was 81.61 so that an effect size score of 0.68 was obtained with the criteria of "moderate". Thus, it can be concluded that E-LKPD based on multi-representation on the material of probability to improve mathematical representation skills is "effective" to use in the learning process. Keywords: E-LKPD (Electronic Student Worksheet), Multirepresentation, Probability, Mathematical Representation Ability.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 04:18 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36064 |
Actions (login required)
View Item |