PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI PRISMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Merilia, Safitri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI PRISMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Merilia Safitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang berbentuk aplikasi E-LKPD berbasis multirepresentasi pada materi prisma sebagai inovasi dan solusi permasalahan pemahaman peserta didik terhadap materi prisma serta kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Sekincau. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket validasi, angket kemenarikan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata penilaian ahli materi sebesar 82% dengan kategori “cukup valid” dan ahli media sebesar 76% dengan kategori “cukup valid”. Uji respon kemenarikan peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 3,38 dan uji coba kelompok besar sebesar 3,42 dengan kategori “sangat menarik” di SMP Negeri 1 Sekincau. Hasil efektivitas produk mendapatkan skor effect size 0,55 dengan kategori “sedang” di SMP Negeri 1 Sekincau, sehingga produk dapat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil perhitungan presentase masing-masing indikator pada kemampuan representasi matematis juga mengalami peningkatan. Indikator visual memuat presentase sebesar 87%, indikator verbal 79%, dan indikator simbolik sebesar 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis multirepresentasi pada materi prisma layak, menarik, efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD, multirepresentasi, prisma, representasi iii ABSTRACT The purpose of this development research is to produce teaching materials in the form of E-LKPD applications based on multi representation on prism material as an innovation and solution to the problem of students' understanding of prism material and students' mathematical representation abilities. This study uses Research and Development (R&D) with the ADDIE model consisting of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research and development are grade IX students of SMP Negeri 1 Sekincau. The techniques used in collecting data are interviews, validation questionnaires, interestingness questionnaires, and tests. The results of the study showed that the average percentage of material expert assessments was 82% with the category "quite valid" and media experts were 76% with the category "quite valid". The test of students' interestingness responses in the small group trial was 3.38 and the large group trial was 3.42 with the category "very interesting" at SMP Negeri 1 Sekincau. The results of the product effectiveness obtained an effect size score of 0.55 with a "moderate" category at SMP Negeri 1 Sekincau, so that the product can be declared effective for use in learning. The results of the calculation of the percentage of each indicator in mathematical representation ability also increased. The visual indicator contains a percentage of 87%, the verbal indicator 79%, and the symbolic indicator 99%. So it can be concluded that E-LKPD based on multi-representation on prism material is feasible, interesting, effective and can be used to improve students' mathematical representation abilities. Keywords: E-LKPD, multi-representation, prism, representation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:11
Last Modified: 24 Oct 2024 04:11
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item