RATNA, SARI DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW (QOD) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (9MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. Inovasi model pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. Model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL membuat siswa terlibat aktif dan terlatih untuk dapat memahami suatu konsep dan bernalar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap self-efficacy siswa. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL, QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Berdasarkan dari semua perhitungan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL berpengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran QOD dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Kata kunci: Model pembelajaran QOD, Pendekatan CTL, Kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. ii ABSTRACT This research is motivated by the low levels of mathematical communication skills and self-efficacy among students. Innovative learning models are necessary to enhance these skills. The QOD learning model with a CTL approach engages students actively and trains them to understand concepts and reason effectively. The objectives of this study are to determine: (1) the effect of the QOD learning model with a CTL approach, QOD with a scientific approach, and DI with a scientific approach on students' mathematical communication skills and self-efficacy; (2) the effect of the QOD learning model with a CTL approach, QOD with a scientific approach, and DI with a scientific approach on students' mathematical communication skills; and (3) the effect of the QOD learning model with a CTL approach, QOD with a scientific approach, and DI with a scientific approach on students' self-efficacy. The research method used is quantitative with a quasi�experimental design, involving the entire population of seventh-grade students at MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Sampling was done using simple random sampling. Data collection techniques included tests of mathematical communication skills, self-efficacy questionnaires, observations, and documentation. Data analysis was performed using Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with a significance level of 5%. The results of this study yielded indicating a significant effect of the QOD learning model with a CTL approach, QOD with a scientific approach, and DI with a scientific approach on students' mathematical communication skills and self-efficacy. Based on all calculations, it can be concluded that the QOD learning model with a CTL approach has a better effect compared to the QOD and DI models with a scientific approach on students' mathematical communication skills and self-efficacy. Keywords: QOD Learning Model, CTL Approach, Mathematical Communication Skills, Self-Efficacy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:40 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36041 |
Actions (login required)
View Item |