R. AHMAD, UNGGUL TRIANTORO (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI DAN BUDAYA LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SMP/ MTS KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI DAN BUDAYA LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA SMP KELAS VIII Oleh: R. Ahmad Unggul Triantoro Penelitian pada pengembangan ini dilatar belakangi karena bahan ajar yang perlu bagi peserta didik untuk bisa digunakan di lauar maupun dalam kelas. Terutama bagi peserta didik kelas VIII SMP Insan Mandiri yang membutuhkan modul matematika yang mudah dipahami. Modul dengan nuansa islami dan budaya lampung dengan pendekatan matematika realistik pada materi teorema Pythagoras. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang efektif digunakan oleh peserta didik guna memabntu siswa meningkakan hasil belajar dan sikap spiritual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D (research and development), sedangkan prosedur yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaliaton). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai keals eksperimen dan VIII A sebagai kelas control. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul matematika bernuansa Islami dan budaya lampung dengan pendekatan matematika realistik pada materi teorema Pythagoras valid dengan penilaian validator termasuk dalam kategori valid, namun perlu sedikit perbaikan dengan persentase rata-rata sebesar 82,5 %. Begitu pun dengan tanggapan siswa terhadap modul termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu perbaikan dengan persentase 86,9 % . efektivitas modul terhadap hasil belajar siswa didapatkan hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,79 dan kelas control dengan rata-rata nilai 54,75. Kemudian di uji t-test mendapatkan hasil maka diterima. Hal itu berarti kelas yang menggunakan modul teorema Pythagoras bernuansa islamni dan budaya dengan pendekatan matematika relaistik lebih baik dari pada yang tidak menggunakan modul. Sedangkan hasil angket sikap spiritual siswa didapatkan pre-test sebesar 75% dan post-test sebesar 83%. Sehingga diperoleh skor n-gain sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa pelajarn matematika menggunakan modul bernuansa islami dan budaya lampung dengan pendekatan matematika reliastik pada materi teorema Pythagoras efektif meningkatkan sikap spiritual siswa dengan kategori sidang. Kata Kunci: modul pelajaran, modul bernuansa islami dan budaya, pendekatan matematika realistic (PMR).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 06:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 08:25 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35816 |
Actions (login required)
View Item |