PENGARUH PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Novie, Susanti (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1&2 NOVIE SUSANTI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NOVIE SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran blended leraning berbasis google classroom terhadap kemampuan numerik peserta didik. (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan numerik peserta didik. (3) Ineraksi anatar pembelajaran blended leraning berbasis google classroom dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan numerik peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Ar�Rahman Sukau, dengan dua sampel penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini mengugnakan tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan numerik peserta didik dan angket/ kuesior untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik. Data yang sudah dikumpul selanjutnya dianalisis melalui teknik analisis data yaitu uji normalitas, homogenitas, anova dua arah, dan komparasi ganda. Hasil analisis melalui uji anova dua jalan, dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan (1) Terdapat pengaruh pembelajaran blended leraning berbasis google classroom terhadap kemampuan numerik peserta didik, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan numerik peserta didik, dan (3) Tidak terdapat ineraksi antara pembelajaran blended leraning berbasis google classroom dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan numerik peserta didik. Kata Kunci: Blanded Learning, Kemampuan Numerik, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:45
Last Modified: 04 Oct 2024 07:45
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35661

Actions (login required)

View Item View Item