ZUHRIYATUL, HIKMAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan pertama yang diharapkan dapat tercapai dalam tujuan pembelajaran matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah dengan menggunakan media animasi. Tujuan penelitian ini untuk menetahui kelayakan, kemenarikan serta efektifitas dari media animasi menggunakan aplikasi canva. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah kelas kelas X 4 MA AL-MA’RUF Tanggamus dan kelas X 5 SMA Negeri 1 Sumberejo. Hasil validasi media memperoleh rata-rata skor kelayakan ahli media yaitu 3,5 dengan kriteria "valid" dan rata-rata skor kelayakan ahli materi yaitu 3,45 dengan kriteria "valid. Uji kemenarikan pada skala kecil di MA AL-MA’RUF tanggamus memperoleh skor 3,47 dengan kriteria "sangat menarik" dan di SMA N 1 Sumberejo memperoleh skor 3,49 dengan kriteria "sangat menarik". Pada uj coba skala besar di MA AL-MA’RUF Tanggamus memperoleh skor 3,49 dengan krieria “sangat menarik” dan di SMA N 1 Sumberejo memperoleh nilai 3,49 dengan kriteria “sangat enarik”. Kemudian penilaian keefektivitasan produk menggunakan uji Effect Size memperoleh skor 0,75 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Animasi, Kemampuan Pemahaman Konsep iv ABSTRACT The ability to comprehend mathematical concepts is the primary skill expected to be achieved in mathematics learning objectives. One effective method to enhance conceptual understanding is through the use of animation media. The objective of this research is to determine the feasibility, student responses, and effectiveness of animation media using the Canva application. This study falls under Research and Development (R&D), employing the Borg and Gall development model. The research subjects are Class X 4 at MA AL-MA’RUF Tanggamus and Class X 5 at SMA Negeri 1 Sumberejo. The validation results of the media obtained an average media expert feasibility score of 3.5 with "valid" criteria, and an average content expert feasibility score of 3.45 also with "valid" criteria. At a small scale attractiveness test in MA AL�MA’RUF Tanggamus, the score was 3.47 with "very interesting" criteria, and in SMA N 1 Sumberejo, it was 3.49 with "very interesting" criteria. In the large scale trial at MA AL-MA’RUF Tanggamus, it scored 3.49 with "very interesting" criteria, and at SMA N 1 Sumberejo, it scored 3.49 with "very interesting" criteria. Furthermore, the effectiveness assessment using Effect Size test yielded a score of 0.75 with a medium category, indicating that the product is effective as a learning media. Keywords: Animation, Concept Understanding Ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35409 |
Actions (login required)
View Item |