PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR

SITI, RAHMAWATI (2024) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SITI RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang. Serta akan tersimpan dalam jangka waktu lama atau dalam membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi sehingga akan mengubah cara berfikir serta menghasilkan prilaku kerja yang lebih baik. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik di SMP Negeri 1 Buay Madang masih rendah, terlihat dalam proses peserta didik menyelesaikan masalah, Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik disebabkan kurangnya pemahaman dalam proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini dikarenakan peserta didik takut untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu quasi eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Madang, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu anova dua jalan. Dengan hasil analisis yaitu (1) Terdapat pengaruh model Madang terhadap hasil belajar kognitif (2) Terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar kognitif. (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model creative problem solving dengan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: Creative problem solving, hasil belajar kognitif, gaya belajar iii ABSTRACT Learning outcomes are a final assessment of a process and introduction that has been carried out repeatedly. And it will be stored for a long period of time or in forming an individual who always wants to achieve better results so that it will change the way of thinking and produce better work behavior. Based on the results of daily tests, it shows that the cognitive learning outcomes of students at SMP Negeri 1 Buay Madang are still low, seen in the process of students solving problems. The low mathematics learning outcomes of students cause a lack of understanding in the learning process delivered by the teacher, this is because the students Students are afraid to ask questions about the material that has been presented by the teacher during learning. This research aims to determine whether there is an influence of the creative problem solving learning model on the ability to understand mathematical concepts in terms of learning style. This research is quantitative research with the type of research, namely quasi-experimental. The population in this study was students in class VIII of SMP Negeri 1 Buay Madang. The sample was taken using the Simple Random Sampling technique. The sample obtained was class VIII A as the experimental class and class VIII C as the control class. The data analysis used was two-way ANOVA. The results of the analysis are (1) There is an influence of the Madang model on cognitive learning outcomes (2) There is an influence of students' learning styles on cognitive learning outcomes. (3) There is no interaction between the use of the creative problem solver model and learning styles on students' cognitive learning outcomes. Key words: Creative problem solving, cognitive learning outcomes, learning styles

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:10
Last Modified: 10 Sep 2024 03:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35195

Actions (login required)

View Item View Item