NANANG, REFIANSYAH (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (903kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk modul pada materi logika matematika yang bernuansa Islam sebagai inovasi dan solusi terhadap masalah pemahaman peserta didik. Modul ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasan tentang keterkaitan materi dengan nuansa Islam. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Muhamadiyah Gisting. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket kemenarikan. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli menunjukkan nilai 3,5 dari ahli materi, 3,6 dari ahli media, dan 3,7 dari ahli agama, dengan kriteria "layak." Uji respon kemenarikan oleh peserta didik menghasilkan nilai 3,6 untuk uji kelompok kecil dan 3,36 untuk kelompok besar, dengan kriteria "sangat menarik." Berdasarkan hasil tersebut, modul ini dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika bernuansa Islam pada materi logika matematika menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: modul, bernuansa islam, logika matematika. iii ABSTRACT This research and development aim to produce teaching materials in the form of a module on Islamic-themed mathematical logic as an innovation and solution to students' comprehension challenges. The module also seeks to enhance knowledge or awareness of the connection between the material and Islamic values. This study employs the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are 11th-grade students at SMK Muhammadiyah Gisting. Data collection techniques involved validation questionnaires and attractiveness questionnaires. The feasibility test results from expert validators showed scores of 3.5 from material experts, 3.6 from media experts, and 3.7 from religious experts, all with the "feasible" criteria. The attractiveness response test by students yielded a score of 3.6 for the small group test and 3.36 for the large group test, with the "very interesting" criteria. Based on these results, the module is considered effective for use in learning. Thus, it can be concluded that Islamic�themed mathematics teaching materials on mathematical logic are interesting and suitable for use in education. Keywords: module, Islamic nuance, mathematical logic
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35140 |
Actions (login required)
View Item |