PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Meta, Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI META SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran firing line adalah proses belajar aktif dengan menerapkan format gerak cepet yang diterapkan untuk mengukur kemampuan peserta didik serta respon peserta didik pada saat pendidik menjelaskan materi. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang dimiliki seseorang dalam mengembangkan pengetahuan konsep dan peningkatan pola pikir yang lebih sempurna. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan langkah yang diterapkan untuk menyelesaikan masalah dengan pengetahuan dan mengandalkan matematika dalam penyelesaian masalah dan memastikan penyelesaian yang sesuai dengan prosedur penyelesaian masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model pembelajaran firing line terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian quasi eksperimental desain, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Bina Desa. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran firing line dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa tes bentuk uraian untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran firing line terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas VIII di SMP Bina Desa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan mengunakan uji one wey MANOVA diperoleh tingkat signifikansi 0,00 < 00,5 sehingga ditolak dan diterima. Kata kunci : Model Pembelajaran firing line, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. iv ABSTRAK Learning model The firing line learning model is an active learning process using a fast-paced format that is applied to measure students' abilities and students' responses when the teacher explains the material. Critical thinking ability is the thinking ability that a person has in developing conceptual knowledge and improving more perfect thinking patterns. Mathematical problem solving ability is a step that is applied to solve problems with knowledge and relying on mathematics in solving problems and ensuring solutions that are in accordance with problem solving procedures. The aim of this research is to see the effect of the firing line learning model on improving critical thinking skills and mathematical problem solving abilities. Quasi-experimental design research, the subjects of this research were class VIII students at Bina Desa Middle School. The sampling technique in this research was cluster random sampling. namely class VIII C as the experimental class using the firing line learning model and class VIII B as the control class using the expository model. The instrument used in data collection is a test in the form of a description to measure the increase in critical thinking abilities and mathematical problem solving abilities. Based on the results of hypothesis testing that has been carried out, it can be concluded that there is an influence of the firing line learning model on increasing critical thinking skills and mathematical problem solving abilities in class VIII at Bina Desa Middle School. This can be seen from the results of calculations using the one way MANOVA test, obtaining a significance level of 0.00 < 00.5 so that = is rejected and is accepted. Key Words: Learning model The firing line, critical thinking skills, mathematical problem solving abilities

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:52
Last Modified: 21 Aug 2024 06:52
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34859

Actions (login required)

View Item View Item